Cari dengan kata kunci

Taman Safari Bogor, Taman Satwa Bertaraf Dunia

Lebih_dari_sekadar_kebun_binatang_Taman_Safari_Bogor_menawarkan_berbagai_wahana_menarik_salah_satunya_berpose_dengan_hewan_liar.jpg

Taman Safari Bogor, Taman Satwa Bertaraf Dunia

Wahana unggulan di Taman Safari Bogor adalah Taman Safari Park. Di wahana ini, pengunjung bisa menyaksikan ribuan satwa dari dekat.

Pariwisata

Taman Safari Bogor merupakan salah satu destinasi wisata keluarga favorit di kawasan Puncak. Selain dilengkapi dengan koleksi binatang yang beragam, Taman Safari juga diperkaya dengan berbagai wahana bermain. Lebih dari sekadar kebun binatang, objek wisata ini menyajikan berbagai wahana liburan sekaligus ilmu pengetahuan tentang lingkungan, yang berorientasi kepada pelestarian habitat berbagai spesies fauna. Tak heran jika di setiap akhir pekan dan hari libur nasional Taman Safari selalu diramaikan oleh pengunjung.

Di Indonesia, terdapat tiga taman safari. Taman safari pertama terletak di Cisarua, Bogor, sementara yang lain terdapat di Lereng Gunung Arjuna, Jawa Timur, dan yang terakhir di Bali – tepatnya di Desa Serongga, Kecamatan Gianyar.

Taman Safari Bogor dibangun pada tahun 1980 dan berlokasi di Jalan Raya Bogor 601. Terletak di kawasan Puncak pada ketinggian sekitar 900-1.800 mdpl, suhu udara di tempat ini sangat sejuk dan asri.

Wahana unggulan di Taman Safari Bogor adalah Taman Safari Park. Di wahana ini, pengunjung bisa menyaksikan ribuan satwa dari dekat. Dengan mengusung kebun binatang masa kini, Safari Park coba menyajikan berbagai satwa yang dilepas bebas seperti di habitat aslinya. Tidak hanya satwa dalam negeri, di wahana ini juga terdapat berbagai koleksi satwa langka dunia seperti tapir dan jerapah. Berpetualangan di wahana ini tentu mendatangkan sensasi tersendiri. Selain bisa melihat beraneka satwa dari dekat, pengunjung juga bisa menikmati keindahan pemandangan kaki Gunung Gede-Pangrango. Jika dirasa kurang menantang, pengelola Taman Safari Bogor telah membuka wahana Safari Malam. Melihat sinar mata hewan liar tentu menjadi pengalaman yang unik yang tidak bisa didapat di tempat lain.

Tak kalah dengan Safari Park, wahana Elephant Trail juga menyajikan keasyikkan tersendiri. Pengunjung bisa merasakan pengalaman menunggang gajah sambil menikmati keindahan dan kesejukan vegetasi hutan hujan tropis. Jika beruntung, pengunjung juga akan menyaksikan dan mendengar burung-burung yang hinggap di dahan-dahan pohon. Menurut pengakuan pengelola, di Taman Safari Bogor, setidaknya terdapat 1.000 ekor burung dari 90 spesies burung dunia. Semua burung tersebut terbang secara bebas.

Berbagai macam pertunjukan satwa juga sering dipentaskan di Taman Safari Bogor. Ketangkasan satwa yang sudah terlatih menjadi tontonan yang menarik dan menghibur. Free Animal Education Show biasa menampilkan ketangkasan satwa liar seperti gajah, harimau, singa, dan pinguin. Bagi pengunjung yang ingin lebih dekat dengan satwa liar tapi merasa takut, pengelola menyediakan wahana Baby Zoo. Di tempat ini, pengunjung bisa berinteraksi dari dekat dengan bayi satwa liar. Aktivitas foto bersama dengan bayi satwa liar merupakan pengalaman yang menggemaskan dan tidak terlupakan.

Selain dilengkapi dengan berbagai wahana yang menarik dan mendidik, Taman Safari Bogor juga dilengkapi berbagai fasilitas lain, seperti rumah makan, taman outbond, dan penginapan. Rumah makan Taman Safari menyediakan berbagai menu, baik masakan luar negeri maupun masakan tradisional nusantara. Jika pengunjung ingin berlama-lama merasakan nuansa keasrian dan kesejukan panorama kaki Gunung Gede-Pangrango, pengelola juga menyediakan penginapan dengan berbagai fasilitas penunjang di dalamnya, seperti kolam air hangat, ruang karaoke, dan ruang rapat. Letak penginapan yang berada di pinggir danau merupakan keistimewaan lain yang membuat para pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.

Informasi Selengkapnya
  • Indonesia Kaya

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.