Cari dengan kata kunci

Bendungan Terbesar di Nusa Tenggara Barat

1524_thumb_Bendungan_Batu_Bulan_diresmikan_pada_tahun_2002_oleh_Presiden_Megawati.jpg

Bendungan Terbesar di Nusa Tenggara Barat

Diresmikan tahun 2002 oleh Presiden Megawati, Bendungan Batu Bulan merupakan bendungan terbesar di Nusa Tenggara Barat dan kedua terbesar di Indonesia. Bendungan ini terletak di Desa Batu Bulan, Kecamatan Moyo […]

Pariwisata

Diresmikan tahun 2002 oleh Presiden Megawati, Bendungan Batu Bulan merupakan bendungan terbesar di Nusa Tenggara Barat dan kedua terbesar di Indonesia.

Bendungan ini terletak di Desa Batu Bulan, Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa. Bendungan yang berjarak 18 kilometer dari Kota Sumbawa Besar ini dapat mengairi lahan seluas 5.100 hektare. Dengan kapasitas 15 liter per detik, bendungan ini memiliki berbagai fungsi: memenuhi kebutuhan air minum ternak, pengendalian banjir, dan menjadi tempat pengembangbiakkan ikan tawar.

Setiap harinya, Bendungan Batu Bulan menjadi tempat wisata bagi warga setempat. Udara sejuk yang ditawarkan tempat ini menjadi alasan banyak orang betah berlama-lama di sini. Olahraga memancing dan bermain kano bisa menjadi alternatif aktivitas yang dapat dilakukan di bendungan ini.

Pada saat air surut di musim kemarau, Anda dapat melihat pulau-pulau kecil bermunculan di bendungan. Berkemah sambil menikmati suasana juga dapat dilakukan di bendungan yang menjadi sumber air tawar terbesar di Pulau Sumbawa ini. [Riky/IndonesiaKaya]

Informasi Selengkapnya
  • NULL

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.