Cari dengan kata kunci

Wisata Petik Stroberi, Serasa Memiliki Kebun Sendiri

1233_thumb_Mengunjungi__kebun_strawberry_di_Kawasan_Lembang_bisa__menjadi_alternativ_wisata_bagi_Anda_dan_keluarga.jpg

Wisata Petik Stroberi, Serasa Memiliki Kebun Sendiri

Mengunjungi daerah perbukitan Ciwidey di selatan Bandung atau Lembang di utara Bandung tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati buah yang satu ini, stroberi. Buah merah mungil nan manis-agak-asam ini sudah […]

Pariwisata

Mengunjungi daerah perbukitan Ciwidey di selatan Bandung atau Lembang di utara Bandung tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati buah yang satu ini, stroberi. Buah merah mungil nan manis-agak-asam ini sudah identik dengan kedua daerah itu.

Meskipun buah ini aslinya berasal dari Prancis dan Cili, dengan karakteristik kedua daerah yang cukup mendukung – dengan suhu dingin serta ketinggian dan karakteristik tanah yang sesuai – budidaya stroberi pun tumbuh subur.

Menurut sejarah, budidaya stroberi masuk ke indonesia pertama kali pada pertengahan 1990-an, yaitu di daerah Ciwidey. Akibat tehnik budidaya yang tidak tepat, stroberi Ciwidey sempat terpuruk dan tidak memberikan keuntungan bagi para petani lokal. Kondisi ini berangsur membaik dengan munculnya gagasan mengemas budidaya stroberi menjadi suatu wisata keluarga di kalangan petani stroberi di Lembang. Konsep ini pun kemudian menyebar juga ke Ciwidey, Cianjur, dan beberapa daerah lainnya.

Wisata stroberi kini menjadi berkembang menjadi alternatif rekreasi keluarga dari daerah perkotaan seperti Jakarta. Di akhir pekan, wisatawan lokal memadati daerah-daerah seperti Lembang dan Ciwidey untuk merasakan sensasi memetik sendiri buah stroberi langsung di kebunnya. Dengan kesegaran yang terjamin, para pengunjung seakan memiliki kebun stroberi sendiri.

Di salah satu lokasi wisata stroberi di Lembang, tiket masuk ke kebun seharga Rp7.000. Dengan tiket tersebut, Anda dapat memetik stroberi sepuasnya sesuai keinginan. Stroberi yang telah dipetik akan dihargai perkilo dengan kisaran harga antara Rp35.000- Rp70.000.

Sebagai sebuah wisata, selain aktivitas memetik buah stroberi, berkembang pula berbagai produk olahan stroberi yang menjadi oleh-oleh khas dari daerah-daerah tersebut. Produk olahan tersebut antara lain selai stroberi, manisan stroberi, dodol stroberi, bahkan kerupuk stroberi.

Di samping itu, tersedia pula aneka sensasi kuliner unik hasil olahan stroberi. Anda mungkin tidak akan percaya jika tidak merasakan sendiri uniknya sambal stroberi atau stroberi goreng dari Ciwidey. [Ardee/IndonesiaKaya]

Informasi Selengkapnya
  • NULL

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.