Cari dengan kata kunci

Taoge Goreng, Kuliner Unik Menyehatkan

tauge_goreng_1200.jpg

Taoge Goreng, Kuliner Unik Menyehatkan

Salah satu kuliner khas Bogor yang dapat ditemukan di Jalan Surya Kencana adalah taoge goreng. Jangan tertipu dengan kata ‰ÛÏgoreng‰Û pada kuliner satu ini. Pasalnya, taoge yang disajikan diolah dengan cara direbus. Konon, disebut taoge goreng karena proses merebus taoge menggunakan wajan yang biasanya digunakan untuk menggoreng.

Kuliner

Selain terkenal sebagai kota hujan, Bogor juga dikenal dengan kondisi lalu lintasnya yang padat. Terlebih pada saat-saat tertentu, seperti jam pulang kantor dan menjelang akhir pekan. Jika sedang berkunjung ke Bogor dan tidak ingin berlama-lama terjebak di jalan yang penuh sesak, belokkanlah kendaraan menuju Jalan Surya Kencana. Jalan ini terkenal sebagai surganya kuliner Bogor. Berbagai kuliner khas Bogor dijajakan di jalan ini.

Salah satu kuliner khas Bogor yang dapat ditemukan di Jalan Surya Kencana adalah taoge goreng. Jangan tertipu dengan kata “goreng” pada kuliner satu ini. Pasalnya, taoge yang disajikan diolah dengan cara direbus. Konon, disebut taoge goreng karena proses merebus taoge menggunakan wajan yang biasanya digunakan untuk menggoreng.

Makanan yang semakin sulit ditemukan ini biasanya dijajakan menggunakan pikulan. Di dalam pikulan tersebut, terdapat wajan khusus yang digunakan untuk merebus taoge dan mie. Proses perebusan taoge dan mie dilakukan sesuai pesanan, jadi hidangan selalu tersaji dalam keadaan hangat.

Sementara, pada bagian yang lain dari pikulan, terdapat wadah besar yang berisi kuah siraman. Kuah siraman taoge goreng dibuat dari campuran oncom, tauco, dan berbagai rempah sehingga menghasilkan cita rasa khas sesuai dengan lidah orang Bogor. Biasanya, penjual taoge goreng sudah membuat kuah siraman tersebut dalam jumlah yang banyak. Tapi tidak perlu khawatir, kuah siraman akan selalu tersaji hangat karena selalu dipanaskan.

Satu porsi taoge goreng berisi taoge dan mie yang sudah direbus ditambah potongan ketupat. Setelah piring diisi ketiga bahan dasar tersebut, barulah disiramkan kuah oncom yang sedap dan gurih. Kuliner khas Bogor ini pun siap untuk disantap.

“Sedap” merupakan kata yang bisa menggambarkan rasa taoge goreng ketika pertama kali mencobanya. Perpaduan antara kuah siraman dengan taoge menghasilkan cita rasa yang unik. Ditambahkannya potongan ketupat dan mie membuat makanan ini cocok sebagai pilihan di kala lapar.

Taoge goreng dijajakan dengan harga Rp10.000 per porsi. Selain mengenyangkan, taoge goreng juga diyakini memiliki kandungan protein dan vitamin yang tinggi, sekaligus rendah lemak. Mengkonsumsi taoge juga diyakini berkhasiat mencegah osteoporosis bagi mereka sudah lanjut usia dan mampu mencegah kanker payudara bagi kaum wanita. Menyantap taoge goreng selain mengenyangkan juga menyehatkan. Akan lebih nikmat jika disandingkan dengan es pala yang terkenal kesegerannya. [AhmadIbo/IndonesiaKaya]

Informasi Selengkapnya
  • NULL

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.