Cari dengan kata kunci

Sendang Biru, Satu Lagi Pantai Cantik dan Mempesona di Malang

pantai-sendang-biru-1200.jpg

Sendang Biru, Satu Lagi Pantai Cantik dan Mempesona di Malang

Pantai Sendang Biru merupakan salah satu pantai yang terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, 69 km ke arah selatan dari pusat Kota Malang. Dalam bahasa Jawa pantai ini memiliki arti sumber air yang berwarna biru, karena pantai ini memang sangatlah jernih dan berwarna biru.

Pariwisata

Pantai Sendang Biru merupakan salah satu pantai yang terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, 69 km ke arah selatan dari pusat Kota Malang. Dalam bahasa Jawa pantai ini memiliki arti sumber air yang berwarna biru, karena pantai ini memang sangatlah jernih dan berwarna biru. Di lokasi wisata Pantai Sendang Biru ini, pengunjung dapat menyaksikan hamparan pasir putih yang bersih serta pemandangan perahu nelayan yang tertata rapi di sepanjang bibir pantai maupun yang berada di tengah lautan.

Jarak dari kota Malang untuk mencapai pantai ini kurang lebih membutuhkan waktu tempuh sekitar 2-3 jam perjalanan untuk mencapai lokasi pantai. Jalur menuju lokasi pantai cukup berkelok-kelok serta naik turun, karenanya pengunjung harus lebih berhati-hati dan waspada. Selain dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, pengunjung juga dapat menggunakan kendaraan umum yaitu angkutan jurusan Terminal Malang Arjosari-Gadang-Turen-Sendang Biru. Retribusi sekali masuk di pantai ini dipatok dengan biaya sebesar Rp5.000 per-orangnya.

Terdapat beberapa fasilitas penunjang pariwisata di Pantai Sendang Biru, diantaranya tersedianya lahan parkir, WC kamar mandi, mushola, warung makan, penginapan, rumah jaga dan persewaan perahu. Selain itu, pengunjung juga dapat mendirikan tenda di pinggir pantai sambil membakar ikan dan menikmati pesona indahnya Pantai Sendang Biru. Pantai Sendang Biru sering dikatakan sebagai pintu masuk untuk menuju Pulau Sempu, karena persis terletak di seberang Pulau Sempu. Selain itu, Pantai Sendang Biru juga dikenal sebagai tempat pelelangan ikan dan sebagai tempat mendarat perahu nelayan.

Pengunjung dapat membeli ikan-ikan segar hasil tangkapan langsung dari para nelayan sebagai oleh-oleh maupun disantap langsung di tempat. Perahu-perahu yang disewakan untuk wisatawan yang ingin berkeliling menikmati panorama Pantai Sendang Biru biasanya disewakan dengan harga 100 ribu untuk perahu bermotor dan 50 ribu untuk perahu dayung. Cobalah berhenti sejenak di tengah lautan untuk menikmati pemandangan bawah laut yang dapat terlihat jelas.

Tentunya pemandangan ikan-ikan kecil yang berenang di sela-sela karang membuat pengalaman liburan Anda mengunjungi Pantai Sendang Biru lebih berkesan dan tidak akan terlupakan. Datanglah pada tanggal 7 atau 8 Syawal, karena ada sebuah tradisi masyarakat dimana wisatawan biasanya menuju Pulau Sempu untuk mengambil air tawar yang dinilai keramat dan dipercaya mujarab untuk kesehatan atau kesembuhan oleh masyarakat setempat. [Anggey/IndonesiaKaya]

Informasi Selengkapnya
  • Elsa Dwi Lestari

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.