Cari dengan kata kunci

Pura Batu Bolong, Pura Indah dengan Pemandangan Pantai Senggigi

1406_thumb_Konon_Pura_Batu_Bolong_dibangun_untuk_menghormati_Dewa_Syiwa_dan_Desa_Baruna.jpg

Pura Batu Bolong, Pura Indah dengan Pemandangan Pantai Senggigi

Pura Batu Bolong namanya. Pura kecil ini letaknya di bibir Pantai Senggigi, Lombok. Sesuai dengan namanya, pura ini berdiri kokoh di atas batu karang yang memiliki lubang di tengahnya. Sungguh […]

Pariwisata

Pura Batu Bolong namanya. Pura kecil ini letaknya di bibir Pantai Senggigi, Lombok. Sesuai dengan namanya, pura ini berdiri kokoh di atas batu karang yang memiliki lubang di tengahnya. Sungguh sebuah keagungan pura di tengah keindahan indahnya Pantai Senggigi.

Berkunjung ke pura ini, kita seperti disambut buih-buih ombak yang tenang dan bersahabat. Seketika kedamaian dan kenyamanan seperti merangkul saat berada di area sekitar Pura Batu Bolong. Dari pura ini, kita juga bisa melihat keindahan Pantai Senggigi yang menjadi salah satu pantai favorit di Kawasan Lombok.

Sama seperti pura-pura yang berada di Pulau Dewata Bali, selama berada di dalam pura pengunjung wajib untuk menjaga kesopanan. Selain itu, pura ini juga mewajibkan para pengunjung untuk menggunakan kain berwarna kuning yang dikenakan di pinggang selama memasuki area pura.  

Memasuki pura yang berhadapan langsung dengan Selat Lombok dan Gunung Agung Bali ini, Anda terlebih dahulu berjalan menuruni anak tangga. Anda akan menjumpai pura pertama yang berdiri di bawah pohon rindang. Sementara, pura kedua berdiri kokoh di atas karang yang menjulang setinggi sekitar 4 meter dan memiliki lubang di bawahnya.

Ada beberapa legenda yang tersebar di masyarakat sekitar mengenai pura ini. Legenda yang pertama menyebutkan pada zaman dahulu pura ini sering dijadikan tempat upacara pengorbanan. Seorang gadis perawan akan dipersembahkan kepada hiu sang penguasa lautan. Sementara, legenda yang kedua menyebutkan pura ini sering dijadikan tempat menerjunkan diri wanita yang patah hati.

Jika berkunjung saat cuaca sedang cerah, Anda bisa melihat pemandangan Gunung Agung Bali yang menjulang tinggi. Pada waktu-waktu tertentu, Anda juga bisa melihat para pemancing tradisional sedang mencari ikan dengan cara menceburkan diri ke dalam laut. Selain itu, melewati senja sambil memandang matahari terbenam di pura ini juga menjadi saat-saat paling menyenangkan. [Tauhid/IndonesiaKaya]

Informasi Selengkapnya
  • NULL

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.