Cari dengan kata kunci

Potensi Danau Laguna Di Desa Ngade

danau-laguna-desa-ngaden.jpg

Potensi Danau Laguna Di Desa Ngade

Bentangan dinding tebing hijau terlihat indah mengitari sebuah danau indah di pinggiran Pulau Ternate. Biasan pepohonan memantul di permukaan danau dan mewarnai sang Danau hingga kehijauan.

Pariwisata

Bentangan dinding tebing hijau terlihat indah mengitari sebuah danau indah di pinggiran Pulau Ternate. Biasan pepohonan memantul di permukaan danau dan mewarnai sang Danau hingga kehijauan. Langit yang biru menjadi latar keindahan matahari yang memancar dan berpadu dengan hijaunya Danau besar yang disebut Laguna ini. Suara burung-burung pun meramaikan kesunyian Danau Laguna yang sudah biasa dikenal sebagai Danau Ngade oleh penduduk setempat.
    
Sesuai namanya dikenal sebagai Danau Ngade, salah satu obyek wisata danau di Ternate ini memang terletak di sebuah desa yang bernama Desa Ngade, Kelurahan Fitu, Ternate Selatan. Untuk mencapai obyek wisata ini, Anda perlu menempuh jarak sekitar 18 kilometer dari pusat kota Ternate. Bila Anda menggunakan kendaraan bermotor, kurang lebih waktu yang akan ditempuh adalah sekitar 30 menit dari pusat kota Ternate. Danau Laguna atau Danau Ngade ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin mencari obyek wisata alam dengan situasi yang tenang.

Tidak hanya sebagai tempat wisata yang memiliki pemandangan yang indah dan sangat menarik untuk dinikmati, Danau Ngade juga berguna bagi penduduk setempat yang memiliki budidaya ikan air tawar seperti nila maupun gurame. Selain itu, air dari danau ini pun mempunyai peranan penting bagi sistem pengairan di perkebunan milik masyarakat di sekitar danau. Namun demikian, sebenarnya masih banyak potensi yang dapat dikembangkan oleh Danau Ngade, terutama dari sektor industri pariwisata.
    
Danau Ngade adalah danau yang termasuk masih alami dan sedikit mendapat campur tangan manusia. Oleh karena kealamiannya ini, Danau Ngade seringkali menjadi incaran para fotografer untuk mendapatkan gambar yang indah dan bernilai tinggi. Menurut beberapa penduduk setempat, biasanya fotografer mengambil angle favorit dari atas dan menghasilkan foto aerial yang sangat menakjubkan. Paduan panorama, warna dan angle dari danau, hutan, dan langit akan menjadi gambar bernilai tinggi.
    
Keberadaan Danau Ngade di Ternate memang belum sepopuler Danau Tolire, namun potensi pengembangan yang dimilikinya cukup besar. Mungkin, suatu hari nanti Danau Ngade akan memiliki popularitas sekelas Danau Tolire atau bahkan melampauinya. Potensi besar tentu membutuhkan tanggungjawab besar untuk mengelolanya, oleh karena itu peran pemerintah dan masyarakat setempat sangat diperlukan demi pengembangan Danau Ngade ke arah yang lebih baik di masa depan. [Phosphone/IndonesiaKaya]

Informasi Selengkapnya
  • Elsa Dwi Lestari

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.