Cari dengan kata kunci

Menyambangi Sarang Perajin di Kota Bogor

1379_thumb_Terdapat_lebih_dari_100_UKM_dengan_berbagai_kreasi_kerajinan_di_Bogor_yang_berada_dalam_binaan_Dekranasda.jpg

Menyambangi Sarang Perajin di Kota Bogor

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranada) Bogor merupakan salah satu stage holder yang aktif mendukung dan mengembangkan berbagai UKM.

Pariwisata

Bogor merupakan bagian kecil dari nusantara yang tidak hanya kaya dengan sumber daya alam, tapi juga sumber daya manusia. Hal tersebut dibuktikan dengan makin menjamurnya berbagai usaha kecil dan menengah yang ada di Bogor, baik dalam bidang industri perumahan maupun dalam bidang kerajinan kreatif.

Indonesia tentu menyadari akan banyaknya sumber daya manusia kreatif yang dimilikinya, untuk itulah diperlukan sebuah organisasi yang bekerja sebagai pembina, pengembang, dan memberdayakan berbagai usaha kerajinan kreatif yang ada di Indonesia. Berkembangnya berbagai usaha kecil dan menengah yang ada di Bogor tentu harus mendapat dukungan dari banyak pihak.

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranada) Bogor merupakan salah satu stage holder yang aktif dalam mendukung dan mengembangkan berbagai UKM, khususnya yang bergerak dalam bidang kerajinan kreatif. Dukungan tersebut dilakukan dalam bentuk promosi usaha serta kegiatan workshop dan pelatihan membuat kerajinan kreatif untuk para pelajar dan masyarakat umum yang ingin mengembangkan usaha.

Dekranasda Bogor berpusat di Jalan Bina Marga No 18, Kelurahan Baranang Siang, Bogor Timur. Sejak diresmikan pada tahun 2008, Dekranasda Bogor sudah membawahi hingga ratusan UKM dan kerajinan kreatif yang ada di Bogor. Memasuki galeri Dekranasda, pengunjung akan menyaksikan hasil kerajinan kreatif hasil karya berbagai UKM yang ada di Bogor. Karya-karya kreatif tersebut antara lain seperti pajangan kujang, kain batik Sunda, wayang golek, hingga berbagai pernak-pernik kreatif lainnya.

Dekranasda juga terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar membuat kerajinan kreatif. Setiap Hari Minggu, para pelajar banyak yang berdatangan ke tempat ini. Mereka banyak belajar membuat kerajinan kreatif. Dengan sering dilakukannya berbagai pelatihan dan workshop, diharapkan berbagai kalangan mampu belajar dan mengembangkan potensinya, sehingga keberhasilan yang sudah bisa dicapai oleh berbagai UKM kerajinan kreatif bisa ditularkan juga kepada masyarakat umum di Bogor. Mengembangkan dan melakukan inovasi dalam hal kerajinan kreatif penting dilakukan, karena selain mendatangkan keuntungan secara ekonomi, lewat kerajinan kreatif kita juga bisa memperkenalkan kekayaan kebudayaan nusantara yang beragam.

Informasi Selengkapnya
  • Elsa Dwi Lestari

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.