Cari dengan kata kunci

Berburu Produk Kerajinan Khas Tasikmalaya, di Sentra Kerajinan Rajapolah

1111_thumb_Aneka_tas_rajut_dan_anyam_produksi_Tasikmalaya.jpg

Berburu Produk Kerajinan Khas Tasikmalaya, di Sentra Kerajinan Rajapolah

Sebenarnya, Rajapolah adalah nama salah satu kecamatan yang dikenal sebagai pusat industri rumahan untuk kerajinan anyaman dan kompor.

Pariwisata

Berkunjung ke Tasikmalaya, tidak lengkap rasanya jika tidak bawa oleh-oleh khas daerah ini. Tapi apa ya kira-kira yang pas untuk kenang-kenangan dan hadiah untuk kerabat? Jika Anda belum ada ide akan membawa oleh-oleh apa dari Tasik, mungkin Anda perlu untuk berkunjung ke Sentra Kerajinan Rajapolah.

Rajapolah sendiri sebenarnya merupakan nama salah satu kecamatan yang dikenal sebagai pusat industri rumahan untuk kerajinan anyaman dan kompor. Lokasinya terletak kurang lebih 12 km di sebelah utara Tasikmalaya. Disepanjang jalan kecamatan, kios-kios handicraft bertebaran menjajakan produk khas yang hampir semuanya handmade.

Banyak jenis produk souvenir dan aksesoris unik yang bisa menjadi pilihan Anda, mulai dari tas anyaman, dompet, miniatur becak, miniatur mobil, tempat pensil, gelang dan masih banyak lagi. Selain unik, produk kerajinan yang dijual disini dikenal murah dan cukup awet.

Kerajinan anyaman yang banyak ditemui di Rajapolah sebagian dibuat dari mendong. Mendong adalah tumbuhan sejenis rumput yang tumbuh di rawa-rawa. Tanaman liar yang tumbuh memanjang hingga lebih dari 1 meter ini dikeringkan, untuk kemudian dianyam secara manual menjadi tikar dan berbagai kerajinan lainnya. Selain mendong, bahan yang umum digunakan adalah bambu, pandan dan enceng gondok.

Selain produk-produk lokal Rajapolah, disini juga dapat ditemui berbagai kerajinan lain yang menjadi ciri khas kota Tasikmalaya, seperti kelom geulis, payung geulis nan legendaris dan kerajinan bordir.

Informasi Selengkapnya
  • Indonesia Kaya

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.