Cari dengan kata kunci

Mampir Sejenak ke Curug “Enteng Jodoh”

Curug_Mangkok_1200.jpg

Mampir Sejenak ke Curug “Enteng Jodoh”

Pagaralam selain dikenal sebagai penghasil teh dan kopi robusta nomor wahid di nusantara, juga dikenal sebagai kawasan yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Dataran tinggi yang diapit oleh Bukit Barisan dan Gunung Dempo ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di Sumatera Selatan.

Pariwisata

Pagaralam selain dikenal sebagai penghasil teh dan kopi robusta nomor wahid di nusantara, juga dikenal sebagai kawasan yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Dataran tinggi yang diapit oleh Bukit Barisan dan Gunung Dempo ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di Sumatera Selatan. Di kawasan ini pula banyak ditemukan air terjun dengan berbagai karakternya.

Salah satu air terjun atau curug yang ada di Pagaralam adalah Curug Mangkok. Curug atau masyarakat Pagaralam menyebutnya dengan nama cughup ini berlokasi di Desa Pematang Bango. Dari pusat Kota Pagaralam menuju lokasi curug hanya memakan waktu sekitar 15 menit dengan menempuh jarak sekitar 2 km melewati hamparan hutan di kaki Gunung Dempo.

Untuk masuk ke lokasi objek wisata Curug Mangkok, pengunjung dikenakan biaya masuk seharga Rp 2000. Dari pintu gerbang masuk, melewati jalan setapak menurun, para pengunjung akan langsung mendengar suara derasnya air yang tertumpah dari tebing. Menurut penjaga curug, nama Curug Mangkok diambil karena bentuk tebing curug yang melengkung menyerupai mangkuk. Meski demikian, masyarakat Desa Pematang Bango mengenal curug tersebut dengan nama Curug Pancur.

Tinggi pancur Curug Mangkok sekitar 15 meter, airnya jatuh ke kolam berbentuk lingkaran yang ada di bawahnya. Air di kolam nampak jernih karena dipenuhi dengan bebatuan sungai. Sementara, air dari kolam kemudian mengalir mengarah ke sungai menuju ke hutan. Di kolam berbentuk lingkaran itulah, para wisatawan menghabiskan waktunya untuk berenang dan bermain air.

Menjelang akhir pekan dan ketika musim liburan tiba, Curug Mangkok kerap menjadi salah satu tujuan wisata favorit keluarga. Pasalnya, selain harga tiket masuknya yang murah, Curug Mangkok juga menawarkan pemandangan alam yang indah. Selain itu, curug ini menjadi tempat favorit bagi anak-anak untuk berenang dan bermain air. Bahkan, masyarakat percaya siapapun yang mandi di Curug Mangkok akan jadi awet muda dan cepat bertemu jodoh. [AhmadIbo/IndonesiaKaya]

Informasi Selengkapnya
  • Elsa Dwi Lestari

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.