Cari dengan kata kunci

Keindahan Matahari Terbenam di Pantai Banongan

pantai-banongan-1290.jpg

Keindahan Matahari Terbenam di Pantai Banongan

Bagi para pecinta pemandangan matahari terbenam, Pantai Banongan nampaknya menjadi salah satu lokasi yang tepat dan bisa menjadi target buruan destinasi wisata di wilayah Situbondo. Berlokasi di sekitaran jalur Pantura Jawa Timur, atau tepatnya berada di Desa Wringin, Kecamatan Asembagus, Situbondo

Pariwisata

Bagi para pecinta pemandangan matahari terbenam, Pantai Banongan nampaknya menjadi salah satu lokasi yang tepat dan bisa menjadi target buruan destinasi wisata di wilayah Situbondo. Berlokasi di sekitaran jalur Pantura Jawa Timur, atau tepatnya berada di Desa Wringin, Kecamatan Asembagus, Situbondo, membuat pantai ini mudah diakses dari berbagai arah.

Menyusuri perkebunan buah milik warga yang sedang masa panen kedua serta melewati liku-liku jalan yang tidak terlalu bagus menjadi tantangan bagi pengunjung yang ingin menuju Pantai Banongan. Pantai ini berjarak sekitar 50 km dari alun-alun Kota Situbondo, atau dapat ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan darat.

Pantai Banongan terbuka bagi siapapun yang ingin berkunjung ke sini. Pasalnya, pantai ini merupakan pantai nelayan yang tidak dikelola secara komersil. Meski demikian, bukan berarti Pantai Banongan tidak memiliki keindahan panorama alam seperti pantai-pantai lain di Indonesia.

Garis pantai yang panjang dengan pasirnya yang hitam merupakan karakteristik utama dari Pantai Banongan. Lokasinya yang berada di perairan Selat Madura, membuat ombak Pantai Banongan cenderung tenang. Selain itu, pemandangan perahu nelayan yang bersandar di pinggir pantai menjadi daya tarik tersendiri saat berada di sini. Sore hari merupakan saat yang tepat untuk menikmati panorama keindahan Pantai Banongan, pasalnya pemandangan matahari terbenam pantai ini menjadi sajian yang sangat menawan sebagai penutup hari.

Panorama cahaya matahari tua berpendar di dasar air pantai yang tenang, menghasilkan nuansa warna dengan keindahan bagi setiap orang yang memandangnya. Tidak mengherankan, walaupun hanya sebatas pantai nelayan, nama Pantai Banongan sudah banyak dikenal hingga keluar Kota Situbondo. Jangan mencari penginapan dan rumah makan di sini, sebab Pantai Banongan hanya menyajikan keindahan matahari terbenam yang sangat indah. [AhmadIbo/IndonesiaKaya]

Informasi Selengkapnya
  • Elsa Dwi Lestari

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.