Cari dengan kata kunci

Harmonisasi Kesatuan Gerak dalam Tari Tanjung Katung

Tari_Tanjung_Katung_1200.jpg

Harmonisasi Kesatuan Gerak dalam Tari Tanjung Katung

Tarian yang juga dikenal dengan nama tari lagu dua ini memiliki gerakan yang khas, yaitu gerakan yang diberi nama langkah dua atau berganda.

Kesenian

Rumpun Melayu memiliki kesenian yang sangat kaya, mulai dari musik hingga tari. Berbagai kesenian tersebut menjadi warisan budaya yang memperkaya tatanan budaya di Indonesia. Salah satu tarian yang berasal dari rumpun Melayu adalah tari tanjung katung.

Tari tanjung katung yang juga dikenal dengan nama tari lagu dua ini memiliki gerakan yang khas, yaitu gerakan yang diberi nama langkah dua atau berganda. Tari ini juga sangat mengutamakan kesatuan gerak antar penarinya.

Tari ini biasanya ditarikan oleh muda-mudi secara berpasangan. Tapi seiring berjalannya waktu, terjadi modifikasi dalam tarian ini dan ditarikan penari dewasa.

Musik yang digunakan untuk mengiringi tari ini berasal dari musik-musik tradisional Melayu dengan lagu-lagu berirama rancak dan cepat. Lagu-lagu seperti, “Tanjung Katung”, “Bunga Melati”, “Pancang jermal” biasa dijadikan sebagai pengiring tari tanjung katung.

Sementara, busana yang dikenakan para penari biasanya berwarna hijau dengan paduan warna emas. Penari perempuan mengenakan kebaya, selendang, serta hiasan di kepala. Sementara, untuk penari laki-laki, tidak ada busana khusus – kecuali kopiah.

Informasi Selengkapnya
  • Indonesia Kaya

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.