Cari dengan kata kunci

Es podeng, Es Krim Lokal dengan Cita Rasa yang Mengglobal

es_podeng_1200.jpg

Es podeng, Es Krim Lokal dengan Cita Rasa yang Mengglobal

Es Podeng merupakan nama lain dari Es Puter, nama podeng berasal dari bahasa madura yang mempunyai arti sama, yaitu puter.

Kuliner
Tagar:

Es Podeng merupakan nama lain dari Es Puter, nama podeng berasal dari bahasa madura yang mempunyai arti sama, yaitu puter. Es Podeng menjadi kuliner khas Jakarta meski banyak yang mengatakan kalau es krim ala Indonesia ini dibawa oleh pedagang asal Garut ke Jakarta. Banyaknya penjual es Podeng di Jakarta, membuat jajanan yang satu ini semakin tenar. Tidak  mengherankan jika dalam berbagai kesempatan, masyarakat Jakarta kerap menjadikan Es Podeng sebagai salah satu sajian pencuci mulut.

Sejarah kemunculan Es Podeng tidak lepas dari daya kreatif masyarakat Indonesia di zaman kolonial. Ketika sajian es krim hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu saja, masyarakat Indonesia membuat modifikasi es krim dengan mengganti bahan utama susu dengan santan kelapa, yang kemudian menghasilkan es krim ala Indonesia yang disebut dengan nama es podeng.

Meski sudah tercipta sejak zaman kolonial, hingga kini banyak pedagang es podeng yang masih menggunakan cara tradisional untuk memproduksinya. Alat yang digunakan untuk memproduksi es podeng adalah mesin yang diputar secara manual. Salah seorang penjual es podeng yang ditemui di Gang Selot, Bogor, mengakui, untuk menghasilkan satu tabung es podeng dibutuhkan waktu satu jam untuk terus memutar es secara menual di dalam mesin.

Untuk menghasilkan es podeng dengan citarasa yang spesial, para pembuat biasanya juga memasukkan bahan perasa lain, seperti durian, alpukat, atau potongan nangka. Selain itu, untuk mendapatkan tampilan menarik, penjual Es Podeng juga memasukkan campuran lain berupa agar-agar, roti, buah atep, kacang tanah yang disangrai, dan sentuhan susu kental manis di atasnya.

Dijual dengan harga yang sangat terjangkau, sekitar Rp 5000- 10.000/porsi, Es Podeng menjadi jajanan yang merakyat. Ketenaran es podeng terbukti mampu menyaingi es krim. Di tengah gempuran banyaknya produksi es krim luar negeri, Es podeng masih mempunyai penggemar setianya sendiri. Bahkan, rasa es podeng dijadikan salah satu varian rasa oleh perusahaan es krim asing. Hal tersebut membuktikan es podeng atau es puter merupakan jajanan lokal dengan cita rasa yang mengglobal.

Tagar:
Informasi Selengkapnya
  • Elsa Dwi Lestari

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.