Cari dengan kata kunci

Cita Rasa Masakan Bangsawan di Restoran Dela Raos

1176_thumb_Nasi-Golong-Set-menjadi-menu-yang-paling-digemari-pengunjung-2.jpg

Cita Rasa Masakan Bangsawan di Restoran Dela Raos

Di sekitar Alun-Alun Utara Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat terdapat sebuah restoran bernama Dela Raos yang khusus menyajikan berbagai kuliner keraton. Hening, mungkin kesan pertama yang pengunjung dapatkan jika berkunjung ke restoran […]

Kuliner
Tagar:

Di sekitar Alun-Alun Utara Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat terdapat sebuah restoran bernama Dela Raos yang khusus menyajikan berbagai kuliner keraton. Hening, mungkin kesan pertama yang pengunjung dapatkan jika berkunjung ke restoran ini. Pasalnya, terdapat aturan mematikan kendaraan bermotor roda dua dan membawanya dalam keadaan mati sampai di tempat parkir yang sudah disiapkan pengelola.

Ting! bel berbunyi setiap ada tamu yang datang. Suasana keraton pun semakin terasa ketika terdengar alunan gamelan yang diperdengarkan lewat pengeras suara. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat bangunan restoran yang masih terkesan tradisional.

Berbagai menu keraton dapat kita jumpai di restoran ini, seperti Nasi Golong Set. Menu yang paling sering disediakan dalam berbagai acara keraton ini merupakan menu yang paling banyak dicari oleh pengunjung.

Satu porsi nasi Golong Set berisikan nasi putih golong, jangan Menir, trancam, pecel ayam, dan telur rebus. Paduan berbagai lauk ini menjadikan rasa Nasi Golong Set terasa begitu unik di lidah.

Selain itu, satu lagi menu spesial bernama semur piyik. Masakan berbahan dasar burung dara muda dengan campuran kecap manis ini konon katanya merupakan menu favorit Sri Sultan Hamengku Buwono VII. Penyajiannya yang menarik akan membuat nafsu makan kita bertambah. Apalagi tekstur daging burung dara yang empuk dan tidak amis di lidah membuat makanan ini terasa begitu nikmat.

Namun, tidak lengkap rasanya berada di restoran ini jika belum menyicipi salah satu menu unik bernama soup timlo. Sop Jawa klasik ini merupakan perpaduan aneka bahan seperti jamur kuping, daging ayam, bunga pisang, wortel egg roll, dan taburang ceriping kentang dengan kombinasi rasa jahe dan kecap. Menu ini merupakan masakan kesukaan Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Sementara di jajaran minuman, Restoran Dela Raos memiliki menu andalan seperti es camcao. Minuman khas Jawa ini dibuat dari sari daun camcao kemudian dihidangkan dengan santan dan sirup gula kelapa. GKR Hemas, istri Sri Sultan Hamengku Buwono  merupakan salah satu penggemar minuman ini. Jika pengunjung menginginkan minuman berenergi khas keraton, Dela Raos mempunyai Ginger Lime Ice. Minuman berbahan dasar campuran jahe dan jeruk nipis ini dirasa pas untuk memulihkan energi. [AhmadIbo/IndonesiaKaya]

Tagar:
Informasi Selengkapnya
  • NULL

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.