Cari dengan kata kunci

Aneka Kreasi Bacem, dari Tahu Tempe hingga Babat

1309_thumb_Tahu_dan_tempe_bacem_sudah_tidak_asing_lagi_bagi_pecinta_kuliner_nusantara.jpg

Aneka Kreasi Bacem, dari Tahu Tempe hingga Babat

Di Yogyakarta dan Solo, tehnik bacem juga digunakan untuk mengolah aneka jeroan ayam (seperti usus dan hati-ampela), telur puyuh, dan ceker.

Kuliner
Tagar:

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata “bacem” digolongkan sebagai kata kerja. Makna kata ini merujuk pada kata bentukannya, “membacem” yang berarti merendam (tahu, tempe) dengan bumbu dan merebusnya dalam tempat yang tertutup sampai airnya habis.

Tehnik memasak ini telah dikenal luas di khasanah kuliner nusantara. Berbagai daerah di Indonesia, khususnya di Jawa, memiliki makanan yang dibuat dengan tehnik bacem.

Bahan makanan yang biasa diolah menggunakan tehnik ini adalah tahu dan tempe. Tahu dan tempe bacem sudah tidak asing lagi bagi pecinta kuliner nusantara. Tapi, di beberapa daerah, ada bahan makanan lain yang diolah menggunakan tehnik ini. Yogyakarta dan Solo, misalnya. Di dua kota ini, tehnik bacem juga digunakan untuk mengolah aneka jeroan ayam (seperti usus dan hati-ampela), telur puyuh, dan ceker. Panganan bacem ini dapat dengan mudah ditemui di warung-warung angkringan sebagai lauk pauk pelengkap sego kucing.

Lain lagi dengan olahan bacem yang bisa ditemui di Pati, Jawa Tengah. Di kota ini, dapat ditemukan aneka bacem dengan bahan dasar seperti telur ayam rebus, kikil sapi, daging sapi, serta aneka jeroan sapi. Jeroan sapi yang digunakan antara lain limpa, paru, usus, dan babat. Aneka jenis bacem ini disuguhkan sebagai lauk pauk pelengkap menyantap nasi gandul, selain tempe goreng kering.

Selain bahan makanan, bumbu yang digunakan untuk bacem pun bervariasi. Setiap daerah memiliki campuran bumbu yang berbeda. Bacem dari Yogyakarta misalnya. Bacem dari daerah ini menambahkan air kelapa dalam air rebusan agar bacem yang dihasilkan berwarna lebih gelap dan rasanya manis-gurih, seperti gudeg. Namun begitu, bumbu-bumbu yang umumnya digunakan adalah ketumbar, bawang merah, bawang putih, garam, asam, dan gula merah.

Tagar:
Informasi Selengkapnya
  • Indonesia Kaya

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.