Cari dengan kata kunci

Talempong, Alunan Perkusi yang Menghidupkan Suasana

Talempong_1200.jpg

Talempong, Alunan Perkusi yang Menghidupkan Suasana

Seperangkat instrumen talempong terdiri dari beberapa unit talempong dengan nada bervariasi. Variasi nada dalam talempong terbentuk dari perbedaan diameter dan ukuran area menonjol dari tiap unitnya. Diameter setiap unit berkisar antara 15-17,5 centimeter.

Kesenian

Talempong adalah perkusi atau alat musik pukul tradisional asal Minangkabau. Alat musik ini umumnya terbuat dari bahan kuningan. Bentuk talempong menyerupai instrumen bonang pada gamelan. Meskipun dalam segi bentuk memiliki kemiripan, talempong menghasilkan bunyi yang unik sehingga mudah dikenali sebagai instrumen musik khas Minangkabau.

Seperti bonang, talempong memiliki bentuk simetris radial – dengan rongga menghadap bawah. Sisi bagian bawah yang berongga berukuran lebih kecil dibanding sisi bagian atas yang tertutup. Di bagian tengah, terdapat bidang yang menonjol yang menjadi sumber bunyi. Saat dimainkan, tonjolan ini dipukul menggunakan tongkat dari bahan kayu.

Seperangkat instrumen talempong terdiri dari beberapa unit talempong dengan nada bervariasi. Variasi nada dalam talempong terbentuk dari perbedaan diameter dan ukuran area menonjol dari tiap unitnya. Diameter setiap unit berkisar antara 15-17,5 centimeter. Tehnik penalaan nada talempong dilakukan dengan memodifikasi ukuran bidang pukul pada setiap unit.

Talempong yang bertempo cepat merupakan pengatur ketukan dalam berbagai tarian tradisional Minangkabau yang terkenal energik. Tari tradisional yang biasanya diiringi talempong antara lain tari piring, tari pasambahan, dan tari payung. Talempong juga hadir menghidupkan suasana dalam arak-arakan penyambutan tamu agung. Umumnya, talempong dimainkan bersama beberapa instrumen tradisional Minangkabau lainnya seperti saluang, gandang, dan serunai. [Ardee/IndonesiaKaya]

Informasi Selengkapnya
  • NULL

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.