Cari dengan kata kunci

Serunai, Instrumen Musik Tiup Mini dari Minangkabau

serunai_1200.jpg

Serunai, Instrumen Musik Tiup Mini dari Minangkabau

Serunai merupakan instrumen musik tiup yang terbuat dari dua potong kayu atau bambu berongga dengan ukuran berbeda.

Kesenian

Masyarakat Minangkabau memiliki beberapa jenis alat musik tiup tradisional. Salah satu di antaranya adalah serunai, instrumen musik bambu yang memiliki fungsi mirip dengan klarinet.

Serunai biasanya dimainkan dalam acara-acara adat, antara lain ritual batagak panghulu. Selain itu, alat musik bernada pentatonis ini juga sering dimainkan di waktu senggang saat warga pergi meladang.

Serunai merupakan instrumen musik tiup yang terbuat dari dua potong kayu atau bambu berongga dengan ukuran berbeda. Batang yang kecil disebut puput (pupuik). Batang ini merupakan sisi yang ditiup oleh pemain dan berfungsi sebagai sumber suara. Batang yang lebih besar memiliki empat atau lebih lubang dan berfungsi sebagai penata nada. Kedua bagian ini disambungkan menjadi komponen utama dari serunai.

Selain komponen utama tersebut, ada komponen lain yang bersifat pelengkap. Komponen tersebut adalah corong yang disambungkan pada sisi depan serunai. Corong ini biasanya berbahan tanduk kerbau atau kayu gabus dengan sisi depan yang dibuat semakin membesar. Fungsi dari corong adalah meningkatkan volume suara yang dihasilkan serunai.

Ukuran serunai terbilang relatif kecil. Serunai tanpa corong memiliki panjang sekitar 20 centimeter. Pemanfaatan serunai dalam upacara dan ritual adat pun terbatas. Hal ini disebabkan terbatasnya nada yang dapat dihasilkan oleh serunai.

Informasi Selengkapnya
  • Indonesia Kaya

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.