Cari dengan kata kunci

Setitik Keindahan di Bulukumba

lemo_1200.jpg

Setitik Keindahan di Bulukumba

Masih di Kabupaten Bulukumba, tidak jauh dari Pantai Tanjung Bira, terdapat satu pantai yang wajib dikunjungi, Pantai Lemo-Lemo. Jarak antara Pantai Tanjung Bira dengan Pantai Lemo-Lemo sekitar 300 meter, melewati bukit-bukit kecil dan jalan berkelok.

Pariwisata

Masih di Kabupaten Bulukumba, tidak jauh dari Pantai Tanjung Bira, terdapat satu pantai yang wajib dikunjungi, Pantai Lemo-Lemo. Jarak antara Pantai Tanjung Bira dengan Pantai Lemo-Lemo sekitar 300 meter, melewati bukit-bukit kecil dan jalan berkelok. Sebelum memasuki kawasan pantai, ada baiknya mampir sebentar di gua berair jernih yang letaknya bersebelahan dengan Pantai Lemo-Lemo.

Gua berair jernih itu biasa dikenal dengan nama Gua Lemo-Lemo. Menurut warga sekitar, dahulu gua tersebut merupakan bagian dari Pantai Lemo-Lemo. Hal itu terlihat dari adanya bebatuan gua yang menyerupai karang di laut. Tapi karena adanya penyusutan wilayah pantai, kawasan tersebut kemudian berubah menjadi gua.

Menariknya, di dalam gua tersebut terdapat sumber air yang sangat jernih dan masih alami. Kealamian tersebut masih terjaga mengingat kawasan gua ini belum banyak terekspose media dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan dari luar Bira.

Setelah berkunjung sebentar ke gua, perjalanan dilanjutkan ke Pantai Lemo-Lemo. Jarak antara gua dengan Pantai Lemo-Lemo tidak terlalu jauh, dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Memasuki Kawasan Pantai Lemo-Lemo, pengunjung akan disambut nyiur melambai dan sekelompok orang yang sedang membuat perahu besar. Suasana pantai menjadi kental setelah mendengar riuh ombak dan suara kicauan kawanan burung yang hinggap di pepohonan.

Pantai Lemo-Lemo begitu sunyi, pasirnya putih, dan airnya masih jernih. Dari kejauhan, terlihat aktivitas para nelayan yang sibuk dengan perahunya. Di sisi lain, hanya ada burung-burung yang bermain di tepian pantai.

Pantai Lemo-Lemo yang indah ini memang belum tersentuh para investor. Siapapun dapat memasuki pantai ini tanpa dipungut biaya. Berbeda dengan Pantai Tanjung Bira, di Pantai Lemo-Lemo tidak terdapat rumah makan dan penginapan, hanya terdapat beberapa rumah warga.

Walaupun belum dikelola secara profesional, Pantai Lemo-Lemo sesungguhnya mempunyai potensi alam yang begitu besar. Daya tarik Pantai Lemo-lemo terletak pada lokasinya berhimpitan dengan bukit-bukit karang dan hutan, apalagi ditambah dengan keeksotisan Gua Lemo-Lemo. Menurut warga sekitar, panorama matahari terbenam di Pantai Lemo-Lemo sungguh indah, sayang kami tidak sempat menyaksikannya. [AhmadIbo/IndonesiaKaya]

Informasi Selengkapnya
  • Elsa Dwi Lestari

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.