Cari dengan kata kunci

Pantai Sundak, Tempat Liburan Asyik Bersama Keluarga

1333_thumb_Salah_satu_keistimewaan_Pantai_Sundak_adalah_garis_pantainya_yang_panjang.jpg

Pantai Sundak, Tempat Liburan Asyik Bersama Keluarga

Selatan Yogyakarta memang terkenal dengan pantai yang indah dan bersih, salah satunya Pantai Sundak. Pantai yang berlokasi di Desa Sidoharjo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, ini bersebelahan dengan Pantai Kukup dan […]

Pariwisata

Selatan Yogyakarta memang terkenal dengan pantai yang indah dan bersih, salah satunya Pantai Sundak. Pantai yang berlokasi di Desa Sidoharjo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, ini bersebelahan dengan Pantai Kukup dan Pantai Baron.

Menurut cerita masyarakat setempat, konon katanya “sundak” berasal dari “asu” dan “landak”. Ceritanya, di pantai tersebut dahulu kala terjadi perkelahian seekor anjing yang sedang kelaparan dengan seekor landak. Landak tersebut kemudian dikejar-kejar hingga menjadi mangsa anjing yang lapar. Setelah kejadian tersebut, pemilik anjing sering menyebut pantai ini dengan nama Pantai Sundak, yaitu perpaduan antara kata "asu" (anjing) dan "landak".

Pantai Sundak memiliki berbagai keistimewaan yang belum tentu dimiliki oleh pantai lain. Selain garis pantainya yang cukup panjang, pantai ini juga memiliki pasir yang putih dan air yang sangat jernih. Saking jernihnya, pengunjung dapat melihat keindahan karang dan biota laut di dalamnya. Air laut sedang surut, pantai ini mempunyai air dangkal hingga 30 meter menjorok ke laut, sehingga pengunjung dapat menyaksikan keindahan karang tanpa khawatir dengan ombak besar.

Pohon-pohon yang terlihat berderet di sepanjang bukit semakin menambah sejuk suasana Pantai Sundak. Menurut pengakuan warga sekitar, di dalam bukit yang dipenuhi pepohonan tersebut juga terdapat sumber air tawar yang dahulu digunakan oleh masyarakat sekitar pantai. Tak jarang terlihat warga sekitar sedang mencari kepiting kecil yang digunakan sebagai umpan memancing, lainnya sibuk mencari ikan-ikan kecil yang terselip di batu karang. 

Jangan dulu pergi sebelum matahari mulai terbenam. Pantai Sundak menawarkan panorama alam yang sungguh indah ketika menjelang senja. Sambil menunggu senja, tidak ada salahnya jika mencoba minum es kelapa muda di tenda-tenda yang disediakan pengelola. Atau menikmati menu seafood bersama dengan teman dan keluarga Anda. [AhmadIbo/IndonesiaKaya]

Informasi Selengkapnya
  • NULL

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.