Cari dengan kata kunci

Nasi Gandul, Santapan Mantap Berkuah Gurih Khas Pati

nasi_gandul_1200.jpg

Nasi Gandul, Santapan Mantap Berkuah Gurih Khas Pati

Cita rasa kuah nasi gandul muncul dari racikan berbagai rempah. Beberapa bumbu yang digunakan antara lain bawang putih, bawang merah, jintan, dan ketumbar. Sebagian pedagang nasi gandul juga menambahkan kemiri dan sedikit kencur. Sementara, bagian sapi yang biasa dihidangkan adalah bagian sengkel (bagian paha) atau has dalam.

Kuliner

Berkunjung ke Pati, rasanya belum lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas kota tersebut. Namanya nasi gandul, sepiring nasi putih yang disajikan dengan potongan daging sapi yang empuk dan disiram dengan kuah kental.

Kuah yang berwarna kecokelatan dan beraroma rempah ini mengingatkan pada hidangan gulai. Nasi gandul juga disajikan secara khas dengan memakai piring yang beralaskan daun pisang.

Cita rasa kuah nasi gandul muncul dari racikan berbagai rempah. Beberapa bumbu yang digunakan antara lain bawang putih, bawang merah, jintan, dan ketumbar. Sebagian pedagang nasi gandul juga menambahkan kemiri dan sedikit kencur. Sementara, bagian sapi yang biasa dihidangkan adalah bagian sengkel (bagian paha) atau has dalam. Beberapa pedagang ada yang menambahkan kikil sapi.

Nasi gandul disajikan bersama beberapa lauk pauk pelengkap. Hidangan pelengkap nasi gandul yang utama adalah tempe yang digoreng tipis dan kering. Selain itu, pelengkap lainnya adalah beraneka bacem. Selain tempe dan tahu, beberapa bahan makanan lain yang dibumbu bacem antara lain telur ayam rebus, usus, babat, limpa, dan paru sapi. [Ardee/IndonesiaKaya]

Informasi Selengkapnya
  • NULL

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.