Cari dengan kata kunci

Monumen Pancasila Sakti, Saksi Bisu Peristiwa G30S/PKI

COVER_MONUMEN_PANCASILA

Monumen Pancasila Sakti, Saksi Bisu Peristiwa G30S/PKI

Pada Monumen yang didirikan pada tahun 1973 ini terdapat patung dan relief ketujuh perwira militer yang terbunuh dalam peristiwa tersebut.

Pariwisata
Tagar:

Peristiwa G30S/PKI memang sudah sekitar 40 tahun berlalu namun di Monumen Pancasila Sakti Anda bisa kembali mengenang salah satu peristiwa dalam sejarah Indonesia itu.

Pada Monumen yang didirikan pada tahun 1973 ini terdapat patung dan relief ketujuh perwira militer yang terbunuh dalam peristiwa tersebut. Patung ini berukuran sekitar 17 meter dengan instalasi burung Garuda dibelakangnya serta membentuk formasi setengah lingkaran dengan posisi mulai dari Soetodjo Siswomiharjo, D.I. Pandjaitan, Siswondo Parman, Ahmad Yani, R. Suprapto, MT Hardjono, AP Tendean.

Selain monumen, di tempat ini juga terdapat diorama peristiwa G30S/PKI yang menampilkan adegan penyiksaan. Selain itu juga ada museum yang memajang foto-foto saat para jendral yang terbunuh sedang diangkat dari lubang tempat mereka dibuang atau yang lebih dikenal orang dengan sebutan sumur maut.

Untuk Anda yang ingin menyaksikan film G30S/PKI, disekitar monumen yang terletak di Jalan Raya Pondok Gede Jakarta Timur ini juga disediakan tempat khusus untuk menonton film karya sutradara Arifin C. Noer.

Tagar:
Informasi Selengkapnya
  • Indonesia Kaya

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.