Cari dengan kata kunci

Minuman Berserat Lidah Buaya Khas Pontianak

cover_minuman_lidah_buaya.jpg

Minuman Berserat Lidah Buaya Khas Pontianak

Tanaman Lidah buaya sepertinya sudah identik dengan Kota Pontianak. Tanaman yang memiliki banyak kegunaan ini dengan mudah kita temui di beberapa bagian kota berjuluk kota khatulistiwa ini.

Kuliner

Tanaman Lidah buaya sepertinya sudah identik dengan Kota Pontianak. Tanaman yang memiliki banyak kegunaan ini dengan mudah kita temui di beberapa bagian kota berjuluk kota khatulistiwa ini. Tanah Pontianak, Kalimantan Barat seperti menjadi salah satu area yang subur bagi tanaman lidah buaya ini.

Salah satu tempat budidaya tanaman lidah buaya di Pontianak adalah UPTD Agribisnis. Di sini kita dapat melihat lidah buaya diolah menjadi beberapa produk seperti minuman berserat, dodol, kerupuk, dan juga kosmetik. Khusus untuk minuman berserat, produk yang diolah dari lidah buaya ini banyak digemari masyarakat dan menjadi salah satu buah tangan yang banyak dibeli untuk kerabat di rumah.

Bahan baku minuman khas Pontianak ini diambil dari daging pelepah lidah buaya yang dipotong kecil-kecil untuk kemudian diberi larutan varian rasa salah satunya lychee. Selain dibuat menjadi minuman berserat, lidah buaya juga dijadikan jus lidah buaya yang tentu saja kaya serat dan memiliki sumber kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.

Tanaman lidah buaya sendiri memiliki beberapa kandungan vitamin yang baik untuk tubuh seperti vitamin A, B1, Kalsium, Magnesium, Potasium. Selain itu, mengkonsumsi lidah buaya juga bermanfaat untuk pembersih tubuh, menstabilkan kadar kolesterol darah, dan juga memperlambat penuaan dini.

Selain minuman, lidah buaya juga dapat diolah menjadi kosmetik seperti untuk body lotion, bodywash. Kosmetik-kosmetik berbahan dasar lidah buaya ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mencoba kosmetik yang lebih alami. [Tauhid/IndonesiaKaya]

Informasi Selengkapnya
  • Elsa Dwi Lestari

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.