Cari dengan kata kunci

Mengagumi Batu Berbentuk Dinding di Pantai Batu Dinding

pantai_batu_dinding_1200.jpg

Mengagumi Batu Berbentuk Dinding di Pantai Batu Dinding

Pemandangan Pulau Punai yang berada di tengah laut pun dapat menyejukkan mata setiap pengunjung yang datang ke pantai ini.

Pariwisata

Bila sedang berjalan-jalan di Bangka, cobalah datang ke pantai yang satu ini, Pantai Batu Dinding. Pantai yang terletak di daerah Belinyu ini memiliki pemandangan unik berupa batu granit yang berdiri tegak dan bentuknya menyerupai dinding besar.

Batu granit besar yang berdiri tegak di atas batu lainnya inilah yang menjadikan batu tersebut dinamakan batu dinding. Batu ini memiliki ukuran sekitar 20 X 15 meter dengan ketebalan sekitar 5 meter.

Selain batu dinding, persis di depan batu ini, terdapat sebuah batu yang diberi nama batu pari. Dinamakan seperti itu karena sekilas batu ini mirip dengan ikan yang memiliki ekor panjang tersebut. Batu pari dapat dinaiki pengunjung untuk sekadar mengabadikan momen di atas batu granit berukuran besar ini.

Selain batu pari, persis di sebelah batu berbentuk dinding, ada juga batu granit yang bentuknya menyerupai kodok. Batu ini berukuran lebih kecil dan menghadap ke sebelah kiri pantai.

Selain bentuk batunya yang unik, pantai ini juga memiliki suasana yang begitu sejuk. Banyaknya pohon kelapa yang tumbuh di sekitar pantai membuat suasana di sini terasa asri dan permai. Selain itu, pemandangan Pulau Punai yang berada di tengah laut pun dapat menyejukkan mata setiap pengunjung yang datang ke pantai ini.

Kapal-kapal penambang timah yang berlalu lalang di perairan di sekitar pantai menjadi pemandangan lain yang bisa dinikmati pengunjung. Di sebelah kiri pantai, dapat terlihat dermaga tempat nelayan-nelayan sekitar melabuhkan kapalnya.

Pantai ini juga memiliki legenda yang berkembang di masyarakat. Konon pantai ini menjadi ajang persaingan antara dua tokoh sesepuh di Bangka bernama Ki Anta dan Ki Bedengung untuk berebut kekuasaan.

Informasi Selengkapnya
  • Janitra Panji Satria

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.