Cari dengan kata kunci

Kawah Ijen, Pemandangan Danau dan Kaldera Terindah Di Atas Awan

kawah-ijen-1200.jpg

Kawah Ijen, Pemandangan Danau dan Kaldera Terindah Di Atas Awan

Terletak pada dua kabupaten yaitu Bondowoso dan Banyuwangi tepatnya di wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Bondowoso Jawa Timur, Gunung Kawah Ijen (biasa disingkat menjadi Kawah Ijen) merupakan salah satu gunung aktif di Jawa Timur. Dengan ketinggian 2.443 mdpl dan kedalaman danau 200 m serta luas kawah mencapai 5.466 Hektar,

Pariwisata

Terletak pada dua kabupaten yaitu Bondowoso dan Banyuwangi tepatnya di wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Bondowoso Jawa Timur, Gunung Kawah Ijen (biasa disingkat menjadi Kawah Ijen) merupakan salah satu gunung aktif di Jawa Timur. Dengan ketinggian 2.443 mdpl dan kedalaman danau 200 m serta luas kawah mencapai 5.466 Hektar, Kawah Ijen diklaim sebagai salah satu Danau Kawah terbesar di dunia.

Panorama sekitar dengan danau yang berwarna hijau toska dengan sentuhan dramatis dan elok serta suhu yang cukup dingin, menjadi daya tarik dan ciri khas tersendiri bagi Kawah Ijen. Tidaklah heran jika Kawah Ijen menjadi tujuan wisata baik lokal maupun turis mancanegara, bahkan menjadi anugerah bagi masyarakat setempat karena kandungan belerang yang ada pada gunung ini. Hampir sebagian besar dari warga setempat yang menggantungkan hidupnya sebagai penambang belerang.

Akses untuk menuju kawasan ini terbilang cukup memadai, pengunjung dapat menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jalan beraspal dari Kota Bondowoso menuju Kawah Ijen, terbilang mulus dan sangat memadai.

Untuk mencapai ke Puncak Kawah Ijen, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 3 km dan memulai pendakian dari Pos Paltidung di lereng Gunung Ijen selama kurang lebih 1,5 hingga 2 jam.

Ketika sudah sampai di bibir kawah, disarankan untuk menggunakan masker sebab danau Kawah Ijen memiliki kandungan belerang yang kuat, sehingga dapat meracuni tubuh jika terlalu banyak menghirupnya. Pengunjung juga dapat menuruni kawah untuk melihat aktivitas para penambang yang bekerja di lokasi pengambilan belerang. Namun pengunjung harus lebih berhati-hati karena medannya yang berbatu dan mudah longsor.

Kawah Ijen memang merupakan tempat yang wajib dikunjungi bila Anda pergi ke Jawa Timur, karena selain memiliki fenomena sunrise di pagi hari yang mempesona, Kawah Ijen juga memiliki fenomena bluefire atau api biru yang konon kabarnya hanya ada dua di dunia, yaitu Indonesia dan Islandia. [Anggey/IndonesiaKaya]

Informasi Selengkapnya
  • NULL

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.