Cari dengan kata kunci

Harumnya Akar Wangi khas Garut di Sentra Oleh-oleh Zocha

akar_wangi_1200.jpg

Harumnya Akar Wangi khas Garut di Sentra Oleh-oleh Zocha

Selain kerajinan, akar wangi juga digunakan sebagai bahan pembuat aroma terapi. Hal ini dikarenakan akar wangi mengandung minyak asitri.

Pariwisata

Mungkin belum banyak yang mengenal tanaman yang satu ini. Akar wangi namanya. Tanaman khas yang menjadi kebanggaan Kota Garut.

Akar wangi yang masih satu keluarga dengan serai dan padi ini mempunyai nama ilmiah Vetiveria zizanioide. Akar wangi hanya tumbuh subur di tiga wilayah di dunia, yakni Haiti, Jamaika, dan Indonesia, tepatnya di Garut.

Dalam bidang kesehatan, akar wangi sering dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi, rematik, dan penghilang bau mulut. Bahkan, daun dan batangnya juga bisa digunakan untuk bahan baku kerajinan. Beberapa kerajinan yang dibuat dari akar wangi di antaranya tas dan pajangan.

Selain dijadikan bahan berbagai kerajinan, akar wangi juga digunakan sebagai bahan pembuat aroma terapi. Hal ini dikarenakan akar wangi mengandung minyak asitri yang berfungsi melemaskan syaraf otak dan anggota tubuh.

Sebagai penghasil akar wangi terbesar di Indonesia, Garut memasok akar wangi ke seluruh nusantara. Bahkan, akar wangi dari Garut juga diimpor ke beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Di Garut, terdapat sentra oleh-oleh yang khusus menjual berbagai produk olahan dari akar wangi. Bagi Anda yang ingin mencari berbagai kerajinan yang terbuat dari akar wangi, datanglah ke Graha Kriya Zocha.

Berada di Jalan Pakuwon No 1, tempat ini menyediakan produk akar wangi yang sudah dikemas menarik menjadi kerajinan yang beragam. Di tempat ini, Anda juga dapat memesan sesuai selera karena Zocha merupakan tempat berkumpulnya para perajin akar wangi.

Soal harga, Zocha menawarkan harga yang bervariatif, mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah. Semua tergantung jenis kerajinan dan tingkat kerumitan pada proses pembuatannya.

Jadi, jika Anda berkunjung ke Kota Garut, tidak ada salahnya berkunjung ke Graha Kriya Zocha. Selain mendapat oleh-oleh khas Garut yang berbeda, Anda juga mendapatkan aroma yang menenangkan saat berkunjung ke sentra akar wangi ini.

Informasi Selengkapnya
  • Indonesia Kaya

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.