Cari dengan kata kunci

Belajar Sambil Bermain di Kebun Binatang Gembira Loka

1160_thumb_Halaman_depan_sekaligus_pintu_masuk_menuju_Kebun_Binatang_Gembira_Loka_2.jpg

Belajar Sambil Bermain di Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun binatang satu-satunya di Yogyakarta ini didirikan sekitar lima puluh tahun yang lalu atas prakarsa Sri Sultan Hamengku Buwono VIII.

Pariwisata

Bila Anda berkunjung ke Yogyakarta, ada satu tempat wisata keluarga yang menarik untuk dikunjungi yakni Gembira Loka zoo. Kebun binatang satu-satunya di Yogyakarta ini didirikan sekitar lima puluh tahun yang lalu atas prakarsa Sri Sultan Hamengku Buwono VIII. Namun ide membangun tempat wisata keluarga ini baru terealisasikan pada pemerintahan Hamengku Buwono IX dengan bantuan seorang arsitek berkebangsaan Belanda bernama Ir Karsten.

Terletak di pusat kota tepatnya di antara jalan Kebun Raya dan jalan Veteran. Lokasi ini menjadikan kebun binatang gembira loka sangat mudah untuk dicapai. Memasuki wilayah tersebut, pengunjung akan merasakan suasana yang berbeda dibandingkan ketika masuk ke kebun binatang lain yang ada di Indonesia. Pasalnya, saat melewati pintu masuk, bangunan pertama yang pengunjung temui adalah sebuah museum bukan kandang berjeruji seperti kebun binatang pada umumnya.

Selain museum yang isinya ditata seperti layaknya laboratorium pendidikan alam, kebun binatang gembiraloka juga mempunyai tempat budidaya ternak dan tumbuhan. Budidaya tersebut dikelola secara profesional dengan tenaga yang memang ahli di bidangnya. “Tak menutup kemungkinan, di masa yang akan datang budidaya ini bisa memenuhi kebutuhan flora dan fauna bagi kebun binatang lain, atau bisa juga kami komersialisaskan,” kata Gunardi, Humas Kebun Binatang Gembiraloka.

Memasuki wilayah B Kebun Binatang Gembiraloka, kita akan menemukan sebuah replika perahu di atas danau buatan. Lokasinya ada setelah kita melewati jembatan yang di bawahnya mengalir air sungai Gajah Wong. Replika perahu berukuran sama seperti perahu pesiar pada umumnya itu merupakan salah satu tempat makan yang dibangun pengelola.

Dari tempat tersebut, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah di sekitar kebun binatang. Selain itu, disekitar sini juga terdapat tempat makan yang biasa disebut Mayang Tirta yang dilengkapi wifi.

Pengelola juga menyediakan berbagai wahana air di sekitar danau buatan tersebut. Wahana air ini antara lain, perahu Katamaran, perahu Banana Orca, Perahu Boat, Perahu Kayuh, hingga sekuter air.

Jika pengunjung menghendaki wisata air yang tidak terlalu ekstrim, pengelola juga menyediakan wahana air seperti oerahu Senggol dan Kano air di danau buatan yang lebih kecil.

Melewati bagian danau Mayang Tirta, barulah pengunjung akan menemukan koleksi berbagai binatang sepanjang wilayah C hingga G. Yang menarik dari kebun binatang Gembira Loka adalah adanya berbagai wahana seperti kolam tangkap, terapi ikan, kolam sentuh, dan kolam araphaima.

Kolam tangkap sangat digemari anak-anak, karena selain belajar mengenal ikan, di kolam tangkap anak-anak juga bermain air. Sementara kolam araphaima membuat pengunjung seperti berada di dalam laut lengkap dengan pemandangan terumbu karang yang luar biasa indah.

Keseriusan pengelola Kebun Binatang Gembira Loka terlihat dari penataan ruang yang begitu ciamik. Informasi mengenai binatang yang dipamerkan sangat lengkap dan representatif. Disini pengunjung bisa menikmati setiap informasi yang didapatnya.

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke kebun binatang Gembira Loka adalah wahana Satwa Terampil. Berada di wilayah E, wahana satwa terampil menampilkan berbagai keahlian binatang yang menjadi koleksi Kebun Binatang Gembira Loka.

Saat ini Yayasan Gembira Loka sedang membangun berbagai wahana yang mampu menunjang Kebun Binatang Gembira Loka agar menjadi kebun binatang paling indah se-Indonesia. Wahana itu antara lain, taman burung, taman labirin, sirkuit ATV, dan kereta keliling.

Informasi Selengkapnya
  • Indonesia Kaya

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.