Cari dengan kata kunci

Belacan Belitung, Citarasa Khas dari Pulau Timah

belacan_belitong_1200.jpg

Belacan Belitung, Citarasa Khas dari Pulau Timah

Belacan merupakan salah satu buah tangan khas dari Pulau Belitung. Olahan fermentasi hasil laut yang memiliki aroma dan cita rasa unik ini merupakan produk industri rumahan dari salah satu desa di Belitung, yaitu Desa Sijok (Sijuk). Meski demikian, cita rasa dari belacan Sijok telah identik dengan pulau timah ini.

Kuliner

Belacan merupakan salah satu buah tangan khas dari Pulau Belitung. Olahan fermentasi hasil laut yang memiliki aroma dan cita rasa unik ini merupakan produk industri rumahan dari salah satu desa di Belitung, yaitu Desa Sijok (Sijuk). Meski demikian, cita rasa dari belacan Sijok telah identik dengan pulau timah ini. Karena itulah, tidak lengkap rasanya jika kembali dari perjalanan ke Belitung tanpa membawa oleh-oleh beberapa bungkus belacan.

Pada dasarnya belacan hampir sama dengan terasi, produk khas Kota Cirebon di Jawa Barat atau Sidoarjo di Jawa Timur. Yang membedakannya dari produk terasi atau belacan dari daerah lain umumnya adalah jenis bahan yang digunakan dan variasi dalam tehnik pengolahannnya. Belacan produksi Sijok diolah langsung dari udang rebon segar hasil tangkapan nelayan setempat. Hal ini membuat belacan Sijok memiliki cita rasa yang khas dibanding belacan atau terasi dari daerah lain.

Belacan ini dapat digunakan sebagai bumbu dalam beraneka jenis masakan. Satu diantaranya adalah sebagai komponen utama dalam sambal belacan. Belacan yang dipanggang sebentar hingga mengeras, dilumat bersama irisan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan garam menjadi menjadi teman yang mantap untuk bersantap. Tak perlu heran jika Anda pun akan tergoda untuk mengisi kembali piring untuk kesekian kalinya. [Ardee/IndonesiaKaya]

Informasi Selengkapnya
  • NULL

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.