Cari dengan kata kunci

Kuliner Indonesia Kaya #17: Cara Mudah Memasak Nasi Liwet Solo di Rumah

Kuliner Indonesia Kaya #17: Cara Mudah Memasak Nasi Liwet Solo di Rumah

Solo atau Surakarta merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki keberagaman kuliner yang khas dengan cita raya yang kaya. Ngomongin soal kuliner Solo, tidak hanya tentang proses memasaknya […]

Kuliner Indonesia Kaya

Solo atau Surakarta merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki keberagaman kuliner yang khas dengan cita raya yang kaya. Ngomongin soal kuliner Solo, tidak hanya tentang proses memasaknya yang detail, tetapi ada pengaruh bermacam budaya yang memperkaya cita rasanya.

Dalam kesempatan kali ini, Astrid Enricka dan Martin Natadipraja bakalan mencicipi beragam kuliner khas Solo yang ada di Jakarta. Beragam hidangan Solo yang mereka cicipi diantaranya mulai dari Tengkleng, Garang Asem, Sosis Solo, Timlo, Es Dawet, sampai Nasi Liwet Solo yang merupakan primadona kuliner Solo.

Tidak puas hanya sekadar mencicipi hidangan Solo, Astrid dan Martin pun memasak salah satu makanan khas Solo yaitu nasi liwet. Dalam satu paket nasi liwet Solo biasanya terdiri dari beberapa bagian, antara lain nasi gurih, suwiran ayam ungkep, sayur labu siam, telur rebus, sambal goreng ati, tempe dan tahu bacem, serta areh atau hasil rebusan santan yang dimasak hingga mengental.

Rasa gurih berasal dari santan kelapa yang dimasak bersama beras, sementara wanginya dari daun pandan, ditambah daun salam dan batang serai, serta berbagai macam bumbu juga rempah-rempah lainnya.

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.