Cari dengan kata kunci

Semua Ada di Pasar Hamadi

pasar_hamadi_1290.jpg

Semua Ada di Pasar Hamadi

Setiap kota besar pasti memiliki pusat perdagangan utama. Jayapura sebagai ibukota Provinsi Papua pun memiliki pusat perdangangan yang berlokasi tidak jauh dari pusat kota. Sekitar 3 kilometer di wilayah selatan pusat kota Jayapura, kita dapat berwisata belanja. Tempat ini bernama Pasar Hamadi.

Pariwisata
Tagar:

Setiap kota besar pasti memiliki pusat perdagangan utama. Jayapura sebagai ibukota Provinsi Papua pun memiliki pusat perdangangan yang berlokasi tidak jauh dari pusat kota. Sekitar 3 kilometer di wilayah selatan pusat kota Jayapura, kita dapat berwisata belanja. Tempat ini bernama Pasar Hamadi.

Pasar Hamadi sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda dan menjadi pusat perdagangan bagi masyarakat Jayapura hingga saat ini. Wilayah Hamadi tidak hanya terdiri dari pasar ini, namun di sekitar wilayah ini pun terdapat banyak hal yang menarik untuk dikunjungi. Pasar Hamadi sebagai pusat perdagangan, pasar ikan, pasar kesenian, hingga pantai pun dapat kita nikmati selagi berada di wilayah ini.

Pasar Hamadi sendiri sebenarnya adalah pasar tradisional yang menjadi tumpuan masyarakat Jayapura untuk menjual dan membeli segala kebutuhan penunjang hidup. Pasar ini menjadi menarik karena kita dapat melihat interaksi warga masyarakat Jayapura sehari-sehari. Selain itu, bagi para wisatawan yang ingin membeli berbagai buah tangan atau kenang-kenangan, dapat membelinya di pasar ini.

Banyak sekali hal menarik yang dapat ditemui di sekitar wilayah pasar. Pasar Hamadi seperti sebuah miniatur Papua yang dihuni oleh hampir 250 suku berbeda. Oleh karena itu, tidak heran bila di Pasar Hamadi kita dapat menemukan segala apapun yang berhubungan dengan Papua. Mulai dari hiasan etnik, baju daerah, hingga makanan khas Papua pun dapat kita temukan di tempat ini.

Seperti halnya obyek wisata lain di Jayapura, pasar Hamadi juga mempunyai nilai sejarah yang cukup menarik. Keberadaannya sebagai pusat perdagangan sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda, kala itu Papua masih bernama Hollandia. Oleh sebab itu, kita juga dapat menyaksikan berbagai peninggalan sejarah di sekitar Pasar Hamadi. Salah satunya adalah Pantai Hamadi yang letaknya tidak terlalu jauh dari wilayah pasar.

Selain itu, Pasar ikan pun sangat menarik untuk ditelusuri. Di tempat ini, kita dapat sama-sama menyaksikan betapa kayanya lautan Indonesia. Berbagai macam ikan dijual di tempat ini sebagai mata pencaharian penduduk setempat yang berprofesi sebagai nelayan.

Yang paling penting saat kita berwisata di sekitar wilayah pasar Hamadi adalah faktor keamanan dan kemampuan kita untuk menawar harga. Keamanan penting karena walaupun situasi pasar tergolong aman, namun kita tidak akan pernah mengira ada pencuri di tengah-tengah keramaian. Sedangkan, kemampuan menawar sangat dibutuhkan saat kita akan membeli barang di pasar, tentu saja agar kita mendapat harga yang layak dan sesuai dengan kondisi barang yang kita beli. Namun, dari semua ini dapat disimpulkan bahwa Pasar Hamadi adalah obyek yang cukup penting untuk didatangi ketika berkunjung ke Jayapura, Papua. [@phosphone/IndonesiaKaya]

Tagar:
Informasi Selengkapnya
  • Elsa Dwi Lestari

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.