Cari dengan kata kunci

DCIM103GOPRO

Pulau Marsegu di Maluku yang Cantik Memesona

Sebuah surga alam tersembunyi yang terletak di Provinsi Maluku, Indonesia, bernama Pulau Marsegu dikenal karena kekayaan kehidupan liar dan kelelawar yang luar biasa.

Pariwisata

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak pulau yang tak berpenghuni. Meski tak berpenghuni, pulau-pulau di Indonesia ini banyak yang menjadi destinasi wisata. Tentu saja karena setiap pulau atau daerah memiliki kekhasan yang menjadi pesonanya.

Salah satu pulau tak berpenghuni yang unik di timur Indonesia adalah Pulau Marsegu. Nama Marsegu datang dari penyebutan masyarakat sekitar pulau; artinya adalah kelelawar. Ya, pulau ini menjadi habitat jutaan kelelawar. Populasi kelelawar di pulau ini tidak hanya ratusan tapi mencapai jutaan dengan jenis yang juga beragam.

Nama Marsegu datang dari penyebutan masyarakat sekitar pulau; artinya adalah kelelawar.

Meski begitu, para pencinta alam datang ke Pulau Marsegu tidak cuma untuk melihat fenomena aktivitas kelelawar. Pulau yang terletak di Provinsi Maluku ini juga memiliki sederet potensi lain yang tidak kalah unik.

Pulau Marsegu dan Berbagai Jenis Hewan Khasnya

Alasan kenapa orang-orang datang ke pulau ini memang mayoritas memiliki tujuan untuk menyaksikan fenomena kelelawar yang berterbangan, keluar dari sarang-sarangnya di kala petang. Rombongan kelelawar memenuhi langit pulau Marsegu untuk pergi beraktivitas dan berburu. Pemandangan inilah yang paling dicari sembari menikmati matahari tenggelam.

Alasan kenapa orang-orang datang ke pulau ini memang mayoritas memiliki tujuan untuk menyaksikan fenomena kelelawar yang berterbangan, keluar dari sarang-sarangnya di kala petang.

Namun, selain kelelawar, Pulau Marsegu juga memiliki kehidupan liar yang beragam. Hutan-hutan tropis yang lebat dan terumbu karang yang indah di sekitar pulau menjadi habitat berbagai spesies flora dan fauna. Di dalam hutan, Anda dapat menemukan berbagai jenis burung yang berwarna-warni, seperti kakatua dan burung cenderawasih.

Pulau Marsegu dan sekitarnya banyak disambangi satwa burung yang menjadikan pulau ini sebagai habitat makan, bermain, dan tidur. Ada pula satwa-satwa yang dilindungi seperti burung gosong, yang bernama ilmiah Megapodius reinwardt, dan kepiting kelapa (Birgus latro) atau yang bahasa daerahnya disebut “kepiting kenari”.

Pulau Marsegu merupakan kawasan hutan lindung yang ditetapkan dengan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: 10327/Kpts-II/2002, tanggal 30 Desember 2002. Wilayah laut pulau yang luasnya 240,20 Ha ini merupakan Taman Wisata Alam Laut seluas 10.000 Ha dan telah ditetapkan dengan SK Menhutbun No. 114/Kpts-II/1999, tanggal 05 Maret 1999.

Di perairan sekitarnya, terdapat berbagai spesies ikan, terumbu karang yang eksotis, serta hewan laut lainnya seperti penyu dan lumba-lumba. Pulau Marsegu juga menjadi titik fokus konservasi karena pentingnya menjaga keanekaragaman hayati di pulau ini. Beberapa upaya telah dilakukan oleh organisasi lingkungan dan pemerintah setempat untuk melindungi habitat alami dan kelelawar di Pulau Marsegu. Pengunjung yang datang ke pulau ini sering mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang konservasi dan bagaimana mereka dapat berkontribusi untuk menjaga ekosistem yang rapuh ini.

Pantai di Pulau Marsegu dan Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Selain keindahan alam dan keanekaragaman hayati yang luar biasa, Pulau Marsegu juga menawarkan pengalaman yang tenang dan damai. Pantainya yang indah dan perairan yang jernih menjadikannya tempat yang ideal untuk bersantai, berenang, dan snorkeling.

Kondisi perairan laut di sekitar pulau bisa dibilang sangat bersih dan jernih. Arusnya yang tenang, perairan dekat pantai yang dangkal, membuat aktivitas snorkeling dan scuba diving di kawasan ini sangatlah menyenangkan. Gugusan terumbu karang yang hidup di perairan ini masih sangat alami, sehingga panorama biota lautnya sangat indah dan membuat para penyelam di sini senang berlama-lama di dalam laut.

Arusnya yang tenang, perairan dekat pantai yang dangkal, membuat aktivitas snorkeling dan scuba diving di kawasan ini sangatlah menyenangkan.

Untuk yang tidak suka aktivitas menyelam seperti snorkeling dan scuba diving, tetap bisa menikmati keindahan laut dan bawah laut yang ada di kawasan ini. Pengunjung pulau bisa menyewa perahu wisata dengan fitur kaca di bagian dasarnya untuk berkeliling di perairan sekitar Pulau Marsegu.

Selain melihat pemandangan bawah laut menggunakan perahu kaca, ada pula hutan bakau yang menjadi pilihan. Pengunjung bisa berkeliling ke hutan bakau yang sejatinya adalah setengah bagian dari pulau ini. Saking luasnya hutan bakau di Pulau Marsegu, berbagai jenis bakau membagi hutan ke dalam beberapa zona sesuai spesies-spesies tersebut; mulai dari Rhizophora apiculata, Rhizophora mucronata, hingga Xylocarpus moluccensis,

Cara Menuju Pulau Marsegu

Pulau Marsegu adalah destinasi yang sempurna bagi pencinta alam, penjelajah, dan penggemar flora dan fauna. Sebagai pulau terpencil dan tak berpenghuni yang ada di bagian barat Pulau Seram Maluku, Pulau Marsegu seketika menunjukkan pesonanya sedari dipijak oleh para pendatang. Hamparan pasir putih yang menawan dan air laut yang sangat jernih akan menyambut begitu tiba di dermaga pulau ini.

Sebagai pulau terpencil dan tak berpenghuni yang ada di bagian barat Pulau Seram Maluku, Pulau Marsegu seketika menunjukkan pesonanya sedari dipijak oleh para pendatang.

Untuk mencapai Pulau Marsegu, wisatawan harus terlebih dahulu menyeberang dari kota Ambon menggunakan kapal feri selama 1,5 jam menuju Pulau Seram. Dari Pulau Seram melanjutkan perjalanan darat sekitar 56 kilometer menyusuri jalur lintas Seram menuju Seram bagian barat. Tiba di kota Piru, ibukota Kabupaten Seram Barat, perjalanan dilanjutkan sekitar 1 jam hingga sampai di kawasan Pulau Marsegu.

Kombinasi keindahan alam yang luar biasa, keanekaragaman hayati yang kaya, dan kehadiran ribuan kelelawar membuat Pulau Marsegu menjadi tempat yang benar-benar unik dan menarik untuk dikunjungi di Indonesia. Tanpa penghuni, Pulau Marsegu sangat tepat bagi penikmat alam yang ingin menjauh sejenak dari hiruk-pikuk kota.

Informasi Selengkapnya
  • Indonesia Kaya

  • Indonesia Kaya

  • backpackerjakarta, kompasiana, celebes.co