Cari dengan kata kunci

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Pantai Tablolong, Surga Para Pemancing di Ujung Selatan Kupang

Pantai yang diapit oleh Pulau Rote dan Timor ini, sering dijadikan arena olahraga memancing skala nasional hingga internasional.

Pariwisata

Di balik kesan panas dan keringnya, Kota Kupang ternyata memiliki jajaran pantai yang menarik untuk dijelajahi. Berada tak jauh dari pusat kota, terdapat beberapa pantai primadona dengan hamparan pasir putihnya yang menjadi daya tarik bagi para pengunjungnya, salah satunya adalah pantai Tablolong. Nama Tablolong diambil dari nama salah satu perkampungan nelayan kecil yang berada di ujung timur. Pantai yang memiliki hamparan pasir putih dan diapit oleh Pulau Rote dan Timor ini, ternyata sering dijadikan arena olahraga memancing dari mulai yang skala nasional hingga internasional setiap tahunnya. Perairan sejauh 10 mil dari garis Pantai Tablolong itu merupakan jalur migrasi ikan yang cukup ramai dari perairan Laut Timor menuju Laut Sawu. Tak hanya itu saja, kekayaan biota lautnya juga menjadikan Tablolong sebagai penghasil rumput laut terbesar di NTT.

Pantai ini sering dijadikan arena olahraga memancing berskala nasional dan internasional setiap tahunnya.

Perpaduan hamparan pasir putih dan birunya langit menambah keelokan Pantai Tablolong. Selain berenang ataupun bermain air, pengunjung dapat bersantai ria di lopo (sejenis bale-bale/ gazebo) sambil menikmati hembusan angin pantai. Tak jauh dari lokasi pantai terdapat sebuah rawa yang dibudidayakan oleh masyarakat setempat sebagai kolam pembibitan ikan. Tablolong juga dihiasi oleh adanya Pohon Centigi (Pempis Acidula) yang tumbuh liar di sekitaran bebatuan karang, dan merupakan sebuah tanaman golongan perdu yang banyak diburu orang karena keunikannya.

Pantai Tablolong adalah penghasil rumput laut terbesar di NTT.

Akses Menuju Lokasi
Berada di barat Kupang dan berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Kupang ke arah Tenau, waktu tempuh menuju lokasi dapat mencapai 1-1.5 jam. Belum terdapat transportasi umum dari Kupang-Tablolong-Kupang, sehingga para pengunjung yang hendak mengunjungi Tablolong perlu menggunakan jasa ojek atau menyewa kendaraan di Kupang dengan harga sewa sekitar 100.000 rupiah per harinya. Atau, bila ingin menggunakan mobil, pengunjung dapat menyewanya dengan tarif sekitar 300.000 rupiah untuk rute dalam kota per harinya. Dari arah Tenau, lurus saja mengikuti jalan kemudian belok kiri dan ikuti penunjuk jalan yang terdapat tulisan ke arah Tablolong. Setelah kurang lebih 1 jam perjalanan, tak lama kemudian pengunjung akan melihat gerbang yang bertuliskan “Selamat Datang di Kawasan Pantai Tablolong.” Dari gerbang tersebut jarak ke pantai masih sekitar 500 meter lagi.

Harga Tiket Masuk (HTM)
Untuk biaya tarif masuknya yaitu sebesar 2.000 rupiah per orang dan ongkos parkir kendaraan sekitar 1.000 rupiah.

Dari pusat Kota Kupang ke arah Tenau, waktu tempuh menuju lokasi dapat mencapai 1-1.5 jam.

Fasilitas dan Akomodasi
Di Pantai Tablolong ini terdapat lopo-lopo (sejenis bale-bale atau gazebo) yang dapat digunakan pengunjung sebagai tempat beristirahat sejenak sambil menikmati keindahan pantai. Di sekitar pantai juga terdapat warung makanan dan fasilitas penunjang lainnya seperti toilet, kamar ganti serta sarana bermain untuk anak-anak. Bagi pengunjung yang berniat bermalam di sekitar pantai, tenang saja, karena di bagian barat pantai terdapat sebuah penginapan sejenis vila. Untuk tarifnya cukup mahal, sehingga tak heran hanya sedikit wisatawan lokal yang menginap di sana dan selebihnya hanya turis mancanegara saja.

Informasi Selengkapnya
  • Elsa Dwi Lestari

  • Indonesia Kaya