Cari dengan kata kunci

Menjelajah Eksotisme Pesisir Gunung Rajabasa

1385_thumb_Deburan_ombak_di_Pantai_Wartawan_yang_terkenal_keras_di_kawasan_Pesisir_Rajabasa.jpg

Menjelajah Eksotisme Pesisir Gunung Rajabasa

Di seberang lautan, terdapat daya tarik Pulau Sebesi, Pulau Sebuku, dan tentunya Taman Nasional Gunung Krakatau.

Pariwisata

Gunung Rajabasa berada di sisi selatan Kabupaten Lampung Selatan. Posisinya tepat berada di antara Kalianda yang merupakan Ibukota Kabupaten dengan Pelabuhan Bakauheni. Kedua titik ini dihubungkan oleh Jalan Raya Lintas Sumatera (Jalinsum) yang mengelilingi sisi utara dari gunung berketinggian 1.281 meter di atas permukaan laut ini. Sisi selatan gunung ini berhadapan langsung dengan laut lepas dan menyimpan sejumlah objek wisata alam nan eksotis.

Sebelum Jalinsum dibangun, akses dari Bakauheni ke Kalianda dan Bandar Lampung melewati jalur kecil di pesisir selatan Gunung Rajabasa. Pada masa itu, jalur ini selalu dipadati lalu lintas dari kota-kota di Sumatera ke Pulau Jawa. Pantai-pantai cantik dengan pemandangan indah seperti Pantai Kahai, Pantai Kunjir, Pantai Wartawan (Way Muli), Pantai Suak, dan Pantai Canti menjadi beberapa tujuan wisata yang selalu ramai dikunjungi.

Selain wisata pantai, pesisir selatan Rajabasa juga memiliki beberapa objek wisata alam seperti Air Terjun Ciperes, Air Terjun Sarmun, dan Sumber Air Panas Way Belerang. Di seberang lautan, terdapat daya tarik Pulau Sebesi, Pulau Sebuku, dan tentunya Taman Nasional Gunung Krakatau.

Salah satu sisi positif dari rendahnya arus lalu lintas melewati pesisir selatan Rajabasa adalah objek-objek wisata pantainya relatif lebih terjaga. Nuansa alam yang masih asri membuat kita nyaman saat berada di kawasan ini.

Touring menggunakan sepeda menjadi salah satu pilihan aktivitas yang menyenangkan. Anda bisa berkeliling dengan sepeda sambil menikmati keindahan alam yang disajikan kawasan pesisir Rajabasa. Menjelajah alam di akhir pekan di kawasan ini bisa menjadi pilihan untuk sejenak membebaskan pikiran dari rutinitas keseharian yang membuat jenuh.

Informasi Selengkapnya
  • Indonesia Kaya

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.