Cari dengan kata kunci

Kue Usus Ayam, Penganan Manis asal Malang

kue_usus_ayam_1200.jpg

Kue Usus Ayam, Penganan Manis asal Malang

Penganan yang satu ini memiliki bentuk yang unik. Melihatnya sekilas mengingatkan pada bentuk obat nyamuk bakar. Yang tidak kalah unik adalah namanya, kue usus ayam. Jangan berpikir kue ini dibuat dari usus ayam. Nama ‰ÛÏusus ayam‰Û yang disematkan padanya hanya karena kemiripan bentuk.

Kuliner

Penganan yang satu ini memiliki bentuk yang unik. Melihatnya sekilas mengingatkan pada bentuk obat nyamuk bakar. Yang tidak kalah unik adalah namanya, kue usus ayam. Jangan berpikir kue ini dibuat dari usus ayam. Nama “usus ayam” yang disematkan padanya hanya karena kemiripan bentuk. Menurut masyarakat Malang, bentuknya yang panjang lalu diatur melingkar saat digoreng mirip bentuk usus ayam.

Kue ini dibuat dari berbagai bahan kue pada umumnya, seperti terigu, vanili, baking powder, telur, gula, serta garam. Yang membedakan, ada dua bahan khusus yang digunakan dalam pembuatan kue ini: irisan pisang ambon dan air kelapa. Setelah semua bahan tersebut dicampur hingga menjadi adonan, kemudian digoreng di atas minyak panas. Ketika dimasukkan ke minyak, adonan dibentuk melilit. Dalam penyajiannya, ada pula yang menambahkan taburan gula tepung. Ketika digigit, kue ini bertekstur kenyal dengan rasa manis yang sangat dominan. Sangat nikmat menikmatinya dengan ditemani secangkir teh hangat. [Agung/IndonesiaKaya]

Informasi Selengkapnya
  • NULL

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.