Cari dengan kata kunci

Desa Dengan Kerikil yang Menghampar

DCIM100MEDIA

Desa Dengan Kerikil yang Menghampar

Tablanusu adalah sebuah desa adat yang menarik untuk dikunjungi. Keistimewaan desa ini ada pada lokasinya yang terletak di atas dataran berkerikil. Pada umumnya, pantai berselimutkan pasir yang menghampar. Namun, di Tablanusu kerikil hitam membentang sejauh mata memandang dengan begitu indah menghiasi desa wisata ini.

Pariwisata
Tagar:

Tablanusu adalah sebuah desa adat yang menarik untuk dikunjungi. Keistimewaan desa  ini ada pada lokasinya yang terletak di atas dataran berkerikil. Pada umumnya, pantai berselimutkan pasir yang menghampar. Namun, di Tablanusu kerikil hitam membentang sejauh mata memandang dengan begitu indah menghiasi desa wisata ini. Tidak hanya pada bibir pantai, tetapi seluruh permukaan daratan di desa ini tertutup kerikil hitam.

Menurut salah seorang Tetua Adat setempat, Bapak Petrus Sawulena, Desa Tablanusu yang ada saat ini merupakan lokasi ketiga yang ditempati sejak leluhur pertama bermukim. Desa ini terletak di sebuah teluk cantik dengan pemandangan laut lepas yang begitu indah. Lokasi Desa ini tepatnya berada di sebelah Barat Daya kota Jayapura.

Desa ini pun memiliki sejarah yang masih berhubungan dengan Perang Dunia ke-2 di kota Jayapura. Keadaan alam desa ini yang berupa teluk, menjadikan lokasi desa ini sebagai dropping area kebutuhan logistik tentara sekutu pada masa lalu. Saat ini pun sisa peninggalan Perang Dunia ke-2 berupa tangki-tangki masih dapat kita lihat tidak jauh dari pintu masuk desa.

Suasana yang tenang begitu terasa ketika kita duduk di tepi pantai berkerikil hitam. Deburan ombak, gemericik suara kerikil yang terinjak,  tawa anak-anak yang berenang di pantai, serta angin yang bertiup lembut menambah harmonisasi keindahan desa berpenduduk sekitar 500 jiwa ini setiap harinya. Keramahan penduduk serta damainya lingkungan kehidupan desa membuat para wisatawan enggan untuk beranjak dari desa ini.

Sebagian besar penduduk desa Tamblanusu bermata pencaharian sebagai nelayan. Namun, tidak sedikit pula yang memiliki usaha budidaya ikan mujair serta persewaan kapal motor dan banana boat. Seniman ukir pun dapat ditemui di desa ini, namun jumlahnya tidak banyak karena masih dalam tahap pengembangan. Hingga kini, desa ini pun terus meningkatkan kualitas alam dan warganya, khususnya terkait pariwisata yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan, baik dari dalam maupun luar Indonesia.

Untuk sampai ke desa ini, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari kota Jayapura dengan menggunakan kendaraan bermotor. Namun, walaupun terpencil, wisatawan yang mengunjungi desa ini tidaklah sedikit, bahkan wisatawan mancanegara pun sudah banyak mengetahui keberadaan desa Tablanusu yang tenang nan cantik ini. Mereka umumnya mencari ketenangan, sekedar ingin santai, berkeliling ke pulau-pulau sekitar atau menikmati obyek wisata air seperti banana boat yang tersedia di desa ini. Inilah desa Tablanusu, desa kecil yang cantik di utara Papua dengan keunikannya. Sayang rasanya, apabila datang ke Jayapura namun belum mengunjungi desa Tablanusu. [@phosphone/IndonesiaKaya]

Tagar:
Informasi Selengkapnya
  • Elsa Dwi Lestari

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.