Cari dengan kata kunci

Bakpia, Cemilan Enak Khas Yogyakarta

bakpia_pathok_1200.jpg

Bakpia, Cemilan Enak Khas Yogyakarta

Di Yogyakarta sendiri pabrik yang memproduksi bakpia baru berdiri sekitar tahun 1948, pabrik-pabrik tersebut tersebar di Desa pathuk.

Kuliner
Tagar:

Belum lengkap rasanya jika berlibur ke Yogyakarta tapi tidak membawa oleh-oleh khas Jogja yang satu ini. Namanya bakpia, makanan khas yang berasal dari cina ini sebenarnya mempunyai nama asli tao luk pia yang berarti kue pia berisi kacang.

Di Yogyakarta sendiri pabrik yang memproduksi bakpia baru berdiri sekitar tahun 1948, pabrik-pabrik tersebut tersebar di Desa pathuk, Yogyakarta. Hal tersebutlah yang kemudian memperkenalkan nama bakpia pathuk atau pathok ke seluruh nusantara.

Bakpia sebagai kuliner oleh-oleh mengalami perkembangan yang cukup pesat, sejak tahun 1980-an penjual bakpia tidak lagi menjual bakpia secara eceran, tapi sudah menggunakan karton atau box. Box tersebut kemudian diberi brand sesuai dengan nomor rumah orang yang memproduksinya. Salah satu brand bakpia yang bisa bertahan hingga saat ini adalah bakpia 25. Bukan tanpa alasan bakpia ini bisa bertahan lama, pasalnya orang-orang Yogyakarta dan para wisatawan tahu betul kenikmatan bakpia yang satu ini.

Perusahaan bakpia 25 bermarkas di jalan AIP II KS Tubun NG I/504, Desa pathuk, Yogyakarta. Tim Indonesiakaya.com mendapatkan kesempataan melihat proses pembuatan saat pengunjungi perusahaan bakpia terbesar di Yogyakarta tersebut. Mulai dari pengolahan adonan, pencetakan, pemanggangan, hingga pengemasan. Yang menarik dari proses pembuatan bakpia tersebut adalah tahap pembakaran yang masih menggunakan kayu bakar. Hal tersebut dilakukan untuk mempertahankan cita rasa khas dari bakpia 25 yang tidak dimiliki bakpia lain.

Bakpia 25 juga membuka cabang pemasaran di berbagai toko, seperti di Toko Ongko Joyo yang berlokasi tidak jauh dari tempat pusat produksi di jalan KS Tubun. Selain itu ada juga di Kios Pasar Pathok, di Toko Kembang Jaya dan Bandara Jaya yang berlokasi di jalan Laksda Adisutjipto. Jika Anda ingin memperoleh bakpia 25 yang masih hangat, banyak yang menyarankan agar membelinya langsung di tempat pusat produksinya di jalan KS Tubun.

Bakpia merupakan salah satu kekayaan kuliner yang dimiliki Indonesia. Jalan-jalan ke Yogyakarta belum lengkap jika belum mencoba kuliner yang satu ini. Apalagi saat ini sudah tersedia bakpia dalam bentuk box yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman tercinta di rumah.

Tagar:
Informasi Selengkapnya
  • Indonesia Kaya

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.