Cari dengan kata kunci

Berwisata Bersama Keluarga di Surga Kupu-kupu

taman_kupu-kupu_1200.jpg

Berwisata Bersama Keluarga di Surga Kupu-kupu

Di taman kupu-kupu, terdapat dua lokasi yang bisa dikunjungi, yaitu museum kupu-kupu dan penangkaran kupu-kupu.

Pariwisata

Taman Wisata Alam Bantimurung selain menyajikan pesona keindahan air terjun juga menghadirkan kesejukan dengan adanya taman kupu-kupu. Letaknya yang berada di lembah bukit karts membuat Bantimurung menjadi tempat favorit bagi berbagai spesies kupu-kupu. Tercatat lebih dari 20 spesies kupu-kupu ada di taman wisata alam ini.

Berlokasi di Kabupaten Maros, Kecamatan Bantimurung, sekitar 30 km dari pusat Kota Makassar, taman wisata yang menyimpan informasi tentang seluk-beluk kupu-kupu ini menjadi salah satu objek wisata kebanggaan warga Sulawesi Selatan. Memasuki kawasan ini, pengunjung akan disambut sebuah gapura besar berbentuk kupu-kupu. Di belakang gapura, terlihat patung seekor kera raksasa. Tapi, apa hubungannya seekor kera dengan taman kupu-kupu? Setelah ditelisik, dahulu Bantimurung juga merupakan habitat asli kawanan kera.

Di taman kupu-kupu, terdapat dua lokasi yang bisa dikunjungi, yaitu museum kupu-kupu dan penangkaran kupu-kupu. Di museum kupu-kupu yang menempati ruangan berukuran sekitar 10×10 meter, pengunjung akan menjumpai berbagai spesies kupu-kupu yang sudah diawetkan. Berbagai kupu-kupu tersebut dipajang di etalase dan dinding museum. Di bagian bawah setiap kupu-kupu yang dipajang, terdapat penjelasan singkat mengenai nama kupu-kupu, sejarah, dan habitat aslinya.

Salah satu kupu-kupu yang menarik perhatian adalah kupu-kupu ulyses. Kupu-kupu ini mempunyai ukuran lebih besar jika dibandingakan dengan kupu-kupu pada umumnya. Selain ukurannya yang lebih besar, kupu-kupu ulyses juga mempunyai warna yang indah, perpaduan antara biru terang dengan hitam. Habitat asli kupu-kupu ini berada di Irian Jaya. Tapi, pengunjung dapat melihat langsung kupu-kupu ulyses di taman kupu-kupu.

Jika sudah puas mendapat berbagai informasi tentang kupu-kupu yang ada di museum, pengunjung tentu akan penasaran seperti apa proses metamorfosis seekor ulat hingga menjadi kupu-kupu yang indah. Kalau selama ini biasanya orang hanya mengetahui proses metamorfosis hanya lewat buku-buku sains, di tempat penangkaran kupu-kupu di taman nasional Bantimurung ini pengunjung akan menyaksikan secara langsung tahap-tahap dalam proses metamorfosis. Yang menarik di tempat penangkaran ini pengunjung akan menyaksikan dari dekat berbagai spesies kupu-kupu yang berterbangan.

Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, mengunjungi taman kupu-kupu di Taman Nasional Bantimurung merupakan salah satu pilihan liburan favorit bersama keluarga. Apalagi di dalam taman ini terdapat air terjun yang sangat indah dengan airnya yang masih alami. Selesai berwisata, ada baiknya jika mencoba berbagai jajanan yang ada di sepanjang jalan akses masuk, tapi jangan lupa untuk membeli oleh-oleh pernak-pernik bernuansa kupu-kupu untuk orang-orang tercinta di rumah.

Informasi Selengkapnya
  • Indonesia Kaya

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.