Cari dengan kata kunci

Loading Events

Pentas Keliling Teater TeraSS Berjudul ‘Bulan Bujur Sangkar’

Pentas Keliling Teater TeraSS Berjudul ‘Bulan Bujur Sangkar’

Pentas Keliling Teater TeraSS Berjudul ‘Bulan Bujur Sangkar’

Seorang pemuda pemberontak yang ingin menembus batas, dengan ambisinya ia ingin mengalahkan batasan-batasan yang membelenggu.

  • February 23, 2019 @ 12:00 am
  • Instagram Live Indonesia Kaya
  • Gratis


Teater TeraSS didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation mempersembahkan pertunjukan dengan lakon “Bulan Bujur Sangkar”. Sebuah lakon klasik karya Iwan Simatupang.  Kisah berlatarbelakang  sebuah perang saudara, antara pemerintah dan pemberontak. Seorang Algojo tua sedang mempersiapkan tiang gantungan. Dia akan menggantung siapa saja yang datang padanya. Bagi dia menggantung orang adalah sebuah seni. Hidup dan mati baginya sama saja.
 
Seorang pemuda pemberontak yang ingin menembus batas, dengan ambisinya ia ingin mengalahkan batasan-batasan yang membelenggu. Ia ingin membebaskan diri dari batas, termasuk pembebasan antara batas kehidupan dan kematian. Keduanya bertemu dan hendak saling bunuh akan tetapi urung karena belum jelasnya peran masing-masing. Siapa pembunuh dan siapa yang dibunuh. Sebuah batas yang sesungguhnya ingin mereka bebaskan.
 
Karena harmonisasi oleh alam, maka sudah tidak ada lagi orang yang dapat digantung. Untuk mempertahankan eksistensinya sebagai algojo, maka algojo tua mengantung dirinya sendiri. Dalam naskah ini diceritakan betapa orang-orang lebih suka berperilaku disharmoni. Lebih suka saling bertentangan satu pihak dengan pihak lainnya. 
 
Pentas Keliling Teater TeraSS dilaksanakan dengan jadwal sebagai berikut :
23 Februari 2019 di Balai Budaya Rejosari, Kudus
23 Maret 2019 di Joglo UNNES Universitas Negeri Semarang
30 Maret 2019 di Auditorium UPS Tegal
6 April 2019 di AULA FISIP UNSOED Universitas Jendral Sudirman, Banyumas
27 April 2019 di Gedung Kesenian Ambarawa
 
Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.