Cari dengan kata kunci

Jurnal Indonesia Kaya #5 : Segala Masa Sumba

Jurnal Indonesia Kaya #5 : Segala Masa Sumba

Sumba adalah sebuah pulau di Nusa Tenggara Timur yang eksistensi budaya kunonya masih dipertahankan hingga detik ini.

Jurnal Indonesia Kaya

Sumba adalah sebuah pulau di Nusa Tenggara Timur yang eksistensi budaya kunonya masih dipertahankan hingga detik ini. Hal ini terlihat saat tim Jurnal Indonesia Kaya mengunjungi Kampung Adat Praiyawang di Desa Rindi. Otentisitas kuno desa yang berusia sekitar 200 tahun ini terlihat dengan adanya peninggalan budaya Megalitik Sumba yang masih berdiri kokoh di depan rumah-rumah adat tersebut.

Menjelajahi Sumba memang seakan sedang melintasi lorong waktu dari masa ke masa. Di sisi lain, Sumba menunjukkan wajah modernnya melalui inovasi kincir angin sebagai pembangkit tenaga listrik angin, dan solar cells sebagai pembangkit listrik tenaga surya di Desa Kamanggih. Berkat inovasi ini, Sumba mampu menyalurkan listrik ke rumah-rumah penduduk sejak tahun 2013.

Di episode ke-5 ini, kamu juga akan diajak untuk melihat kain tenun bermotif alam khas Sumba di Sentra Tenun Ikat Kalu di Kecamatan Kambera, Sumba Timur, serta ritual kuno penyambutan pahlawan dari medan perang dengan Tarian Ninggu Harama. Yuk, saksikan keunikan Sumba selengkapnya di video ini!

This will close in 10 seconds