Cari dengan kata kunci

Loading Events

Forum Apresiasi Sastra Dan Budaya Kudus (FASBuK) Edisi April 2019

Forum Apresiasi Sastra Dan Budaya Kudus (FASBuK) Edisi April 2019

Forum Apresiasi Sastra Dan Budaya Kudus (FASBuK) Edisi April 2019

Pada edisi April 2019 ini FASBuK akan melaksanakan workshop teater dengan materi-materi latihan yang cocok untuk seorang aktor dan aktris teater

  • 18 April, 2019 @ 7:30 pm - 18 April, 2019 @ 7:30 pm
  • Instagram Live Indonesia Kaya
  • Gratis

Reservasi Tiket

Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK) yang didukung Bakti Budaya Djarum Foundation bekerja sama dengan Kajian Kreatifitas dan Seni Fakultas Teknik ( Teater Obeng ) Universitas Muria Kudus akan menggelar lawatan rutin sastra dan budaya. Kali ini menampilkan workshop, pertunjukan monolog dan diskusi  “ Senandung Kereta Tua “ di Auditorium Universitas Muria Kudus, Kampus Gondangmanis PO BOX 53 Bae Kudus, pada hari Kamis, 18 April 2019, pukul : 19.30 WIB.

Pergerakan seni pertunjukan Teater dari tahun terakhir ini begitu pesat di kota Kudus, tidak hanya kelompok teater pemula, teater kampus dan umum juga tampak bergairah dalam hal produktivitas. Bahkan para aktor / aktris muda pun sudah mulai mau menulis naskah monolog kemudian melakukan sebuah pertunjukan. Hal ini menandakan sebuah kemajuan positif bagi perkembangan teater.

Setelah tahun lalu sukses bekerjasama dengan Shinef Production menghadirkan pertunjukan monolog Cut Nyak Dhien, pada edisi April 2019 ini FASBuK akan melaksanakan workshop teater dengan materi-materi latihan yang cocok untuk seorang aktor dan aktris teater. Adapun seniman teater yang akan mengisi workshop ini adalah Rudolf Puspa, sutradara Teater Keliling yang sudah berpuluh-puluh tahun melaksanakan pertunjukan baik dalam lingkup nasional maupun internasional. Setidaknya telah tercatat lebih dari 200 naskah yang telah disutradai dan ribuan kali telah melaksanakan pementasan. 

Namun, tidak hanya workshop saja melainkan ada sebuah pertunjukan monolog yang dilakukan oleh Rudolf Puspa, naskah yang akan dimainkan ini merupakan sebuah karya terbaru miliknya. Senandung Kereta Tua mengisahkan tentang seorang yang merasa sudah menjalani hidup panjang mulai senang bertutur kata. Ada kebanggaan masa lalu, ada kemirisan masa kini, ada harapan masa esok yang gemilang. Seseorang yang merasa tua masih mampu berdiri di atas kaki sendiri dan melangkah sejak dini hari tanpa berpikir akan kemana. Seseorang yang merasa tua semakin yakin bahwa kesepian adalah menjadi urusan masing masing dalam menyikapinya. Seseorang yang merasa tua masih punya keinginan untuk mendapat pengakuan sehingga dirinya merasa berguna. Barangkali tak banyak bisa disimpulkan disini karena senandung Si yang merasa tua masih terus meninggikan suaranya seolah-olah masih mampu bernyanyi. Maka Si Tua datang dan ingin berbincang dari hati ke hati.

Setelah pertunjukan selesai, dilanjutkan dengan sesi sharing / diskusi dengan mengenal lebih jauh sosok Rudolf Puspa serta proses kreatifnya ketika berteater sampai saat ini.

Sekilas tentang Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK)

Berdiri sejak 12 Januari 2009, FASBuK adalah ruang kerja fisik dan pemikiran untuk mencipta inovasi serta varian-varian sebuah paket kemasan kegiatan dalam bidang kesusasteraan dan kesenian lokal yang nantinya mampu menjadi asset atas keberagaman kebudayaan nasional dan dekatmasyarakatnya sehingga tercapai ruang bersama untuk saling berbagi, bertukar pikiran, demi sebuah cita-cita luhur tumbuhnya nilai-nilai kesadaran manusia yang berbudaya.

Secara rutin tiap bulannya FASBuK menggelar acara Sastra dan Seni Budaya yang meliputi Apresiasi sastra, Sarasehan Budaya, Pertunjukan Musik, Tari dan Pementasan Drama/Teater, dan sebagainya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silahkan menghubungi:

Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FasBuk)
Ketua Badan Pekerja FASBuK :Arfin AM
No. Hp: +62 857 4259 8480
Email: [email protected]

This will close in 10 seconds