Cari dengan kata kunci

boboto1290.jpg

Boboto, Makanan Khas Ternate yang Terus Bertahan

Makanan yang sekilas mirip dengan bothok asal Jawa ini terbuat dari ikan cakalang dan kacang kenari.

Kuliner

Satu jenis makanan tersaji di meja dengan sangat rapi. Dari tampilan bungkusan daun pisang di luarnya, tampaknya makanan ini menarik untuk dicoba. Ukuran makanan ini tidak terlalu besar, namun begitu menggoda ketika dilihat, tampaknya rasanya pun layak untuk dicoba. Makanan khas Ternate ini bernama boboto.

Bila kita telaah dari namanya, boboto memang mirip dengan makanan khas Jawa yang bernama bothok. Tidak hanya namanya, bentuknya pun menyerupai bothok yang menggunakan bungkus pisang dan dikukus. Tidak ada literatur yang menjelaskan secara rinci asal muasal hubungan antara boboto dan bothok, namun dilihat dari nama serta bentuknya tampaknya kedua makanan ini mempunyai hubungan yang cukup dekat. Walau demikian, tetap ada perbedaan di antara keduanya terutama pada isi boboto yang banyak mengandung protein hewani.

Dari namanya, boboto memang mirip dengan makanan khas Jawa yang bernama bothok.

Untuk memasak boboto sebenarnya tergolong sederhana, namun proses pengerjaannya cukup panjang. Pertama, bahan utama boboto yang berupa daging ikan cakalang harus dicincang halus. Kemudian, beberapa bumbu seperti lada dan garam ditambahkan dan diaduk dengan tumbukan kacang kenari. Kacang kenari inilah yang akan memberikan citarasa unik bagi boboto dan membedakannya dengan makanan sejenis dari daerah lain. Setelah semua bahan tercampur, adonan dibungkus daun pisang lalu kemudian dikukus. Sekitar 45 menit sampai 1 jam dikukus, maka boboto dapat diangkat dan segera disajikan.

Ikan cakalang adalah bahan utama pembuatan boboto.

Selain dibuat dari daging ikan cakalang cincang, boboto juga dapat dibuat dari ikan cakalang fufu (asap) maupun ikan tuna. Sedangkan, untuk hasil terbaik ikan cakalang fufu lebih difavoritkan karena aroma dan citarasa yang nikmat. Paduan ikan cakalang dan kacang kenari sungguh akan menghasilkan citarasa yang lezat dan sulit terlupakan nikmatnya. Namun, karena dibuat tanpa bahan pengawet apapun maka boboto hanya dapat bertahan maksimal selama satu hari saja.

Paduan ikan cakalang dan kacang kenari akan menghasilkan citarasa lezat dan sulit terlupakan.

Indonesia dianugerahi kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. Boboto adalah salah satu contoh kekayaan budaya Indonesia yang berupa makanan dan memiliki citarasa khas Indonesia. Hal ini adalah sebuah kekuatan yang dimiliki Indonesia dan menjadi modal utama untuk bertahan dari terpaan modernisasi global. Tidak hanya kenikmatan dari boboto, manfaat yang kita dapat dari makanan ini pun cukup banyak terutama bagi kesehatan dan kecerdasan manusia. [Phosphone/IndonesiaKaya]

Informasi Selengkapnya
  • Elsa Dwi Lestari

  • Indonesia Kaya

This will close in 10 seconds