Cari dengan kata kunci

Segarnya Es Brenebon Khas Manado

brenebon_1290.jpg

Segarnya Es Brenebon Khas Manado

Menikmati sajian es saat matahari siang sedang terik tentu menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi jika sajian es yang dinikmati telah dimodifikasi dengan tambahan berbagai macam bahan.

Kuliner

Menikmati sajian es saat matahari siang sedang terik tentu menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi jika sajian es yang dinikmati telah dimodifikasi dengan tambahan berbagai macam bahan. Rasa yang dihasilkan pastilah lebih lezat.

Di Kota Manado, Sulawesi Utara, terdapat sajian es yang tidak hanya rasanya yang lezat namun juga menyehatkan. Es kacang merah namanya atau masyarakat sekitar mengenalnya dengan sebutan es brenebon.

Es brenebon merupakan sajian hidangan pembuka atau kudapan yang nikmat saat dihidangkan siang hari. Apalagi Kota Manado yang berada di tepi laut dikenal dengan udaranya yang panas, membuat dahaga di tenggorokan lebih cepat datang. Menggunakan kacang tanah yang bewarna merah sebagai bahan utamanya, es brenebon memiliki citarasa manis dan segar.

Pemilihan kacang tanah bewarna merah ini selain menghasilkan rasa yang lebih manis juga untuk membuat es kacang merah menjadi lebih menarik saat disajikan bersama es serut.

Selain es serut, bahan lain seperti, sirup, dan susu kental manis menjadi bahan tambahan yang membuat nuansa rasa es brenebon menjadi lebih lezat. Rasa manis dan sehatnya kacang merah berpadu di dalam sebuah mangkuk kecil yang menarik.

Sebagai informasi, kacang merah mengandung vitamin B, kalsium, fosfor, zat besi, dan protein. Ini membuat kacang merah berkhasiat mencegah kolesterol, membantu proses pembekuan darah pada luka dan mencegah resiko diabetes.

Jika berkunjung ke Manado, tidak ada salahnya mencicipi sajian kuliner yang segar ini. Selain bisa melepas dahaga, khasiat kacang merah juga berguna membantu menjaga kondisi tubuh Anda. [Riky/IndonesiaKaya]

Informasi Selengkapnya
  • Elsa Dwi Lestari

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.