Cari dengan kata kunci

Menara Pandang Banjarmasin 5

Menara Pandang, Lambang Kota Banjarmasin di Tepi Sungai Martapura

Di tempat ini, pesona keindahan Kota Banjarmasin dapat dinikmati dari ketinggian 30 m.

Pariwisata

Banjarmasin merupakan salah satu kota di Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Dengan luas wilayah 98,46 km2, kota ini dijuluki sebagai Kota Seribu Sungai. Sebagai kekayaan alam yang penting bagi masyarakat di sana, sungai dimanfaatkan untuk berbagai keperluan sarana dan prasarana, transportasi air, pariwisata, perikanan, dan perdagangan. Mungkin itulah alasan mengapa Kota Banjarmasin dijuluki sebagai Kota Seribu Sungai.

Banjarmasin dijuluki sebagai Kota Seribu Sungai.

Saat berkunjung ke Banjarmasin, Anda dapat menjajal kuliner, aksesori batuan permata, hingga kain tradisional khas Kalimantan Selatan. Namun, satu hal yang wajib berada di dalam agenda perjalanan Anda adalah mengunjungi Menara Pandang Banjarmasin. Lambang Kota Banjarmasin ini berada tepat di tepi Sungai Martapura, yang merupakan salah satu anak Sungai Barito. 

Menara Pandang Banjarmasin dibangun dalam beberapa tahap, dan terakhir dikerjakan pada 2014. Sejak saat itu pula menara ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Banjarmasin. Bagaimana tidak? Dari ketinggian sekitar 30 m, menara ini menawarkan pemandangan kota yang spektakuler dari ketinggian.

Menara Pandang Banjarmasin terdiri dari empat lantai. Lantai satu dan empat dibangun tanpa dinding, memberikan akses pemandangan yang tidak terhalangi. Lantai satu berupa plaza yang dapat digunakan untuk pelaksanaan kegiatan masyarakat, seperti lomba, donor darah, sampai kegiatan latihan kesenian. 

Di lantai dua, terdapat Galeri Baiman, yang ditambahkan lima tahun setelah menara ini berdiri, yaitu pada akhir 2019. Di lantai tiga, terdapat Power King Space, sebuah ruangan besar yang dapat digunakan untuk kegiatan besar seperti sosialisasi, rapat, atau seminar-seminar UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Lantai tertinggi atau lantai empat merupakan sebuah ruang terbuka. Di sini, para pengunjung dapat melihat pemandangan Kota Banjarmasin dari ketinggian. Di bagian kanan dan kirinya, terdapat tambahan ruangan kecil untuk menikmati pemandangan dari ruang yang lebih privat.

Menara Pandang Banjarmasin dari Ketinggian

Untuk mencapai puncak Menara Pandang Banjarmasin, pengunjung harus menaiki tangga sebanyak 155 anak tangga. Namun, usaha yang dilakukan akan sepadan dengan pemandangan luar biasa yang bisa dinikmati dari atas menaranya, yaitu Kota Banjarmasin dan sekitarnya.

Di sebelah timur, terlihat Pegunungan Meratus yang hijau, yang sekaligus menjadi latar belakang alami keindahan kota. Di sebelah selatan, terdapat Sungai Martapura yang terlihat menakjubkan dari ketinggian. Pengunjung pun bisa melihat perahu-perahu yang hilir mudik membawa penumpangnya di Sungai Martapura. Sementara itu, di sebelah barat, terdapat kawasan pertokoan yang sibuk, tempat para pengunjung dapat berbelanja atau hanya menikmati suasana kota.

Di sebelah timur, terlihat Pegunungan Meratus yang hijau, yang sekaligus menjadi latar belakang alami keindahan kota. Di sebelah selatan, terdapat Sungai Martapura yang terlihat menakjubkan dari ketinggian.

Aktivitas di Menara Pandang Banjarmasin

Dengan lokasi strategis dan bangunan yang cukup tinggi, Menara Pandang Banjarmasin secara natural juga telah menjadi tempat yang populer untuk menikmati matahari terbenam yang indah di Banjarmasin. Jadi, ketika berencana untuk mengunjunginya di sore hari, datanglah lebih awal untuk mendapatkan lokasi terbaik. Jika Anda beruntung, Anda bahkan dapat melihat langit yang berwarna-warni saat matahari terbenam di ufuk barat.

Menara Pandang Banjarmasin juga menjadi tempat yang populer untuk acara pernikahan. Banyak pasangan yang memilih untuk mengadakan resepsi pernikahan mereka di sini karena pemandangannya yang spektakuler dan atmosfernya yang romantis. Menara Pandang Banjarmasin dapat menampung hingga 500 orang.

Menara juga menjadi tujuan wisata yang paling diminati saat perayaan Idulfitri. Saat hari raya, menara akan dihias dengan lampu-lampu yang indah. Suasana pun terlihat lebih meriah dan memukau perhatian. Banyak orang yang datang ke sini pada malam hari untuk menikmati keindahan pemandangan sambil merayakan hari raya bersama orang-orang tersayang.

Selain menawarkan pemandangan kota dari segala sisi, bagian dalam menara juga dapat dinikmati. Anda bisa menjumpai pameran seni di Galeri Baiman. Galeri yang berlokasi di lantai 3 ini menghadirkan berbagai karya foto dan lukisan dari seniman terkenal.

Bagian dalam Menara Pandang juga berisi Galeri Baiman yang menghadirkan karya foto dan lukisan dari seniman terkenal.

Foto dan lukisan yang dipamerkan tersebut bukanlah hasil karya biasa. Di sini, terdapat puluhan foto dan lukisan yang menggambarkan hewan endemik Kalimantan, seperti bekantan, beruang madu, dan lainnya. Selain itu, terdapat pula gambar Sungai Martapura, Warung Lanting, Penari Banjar, Rumah Ano, Masjid Sabilal Muhtadin, Pasar Terapung, dan tempat bersejarah lainnya, sekaligus foto-foto Kota Banjarmasin zaman dulu.

Lokasi dan Biaya Masuk Menara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang ini berada di sepanjang pinggir Sungai Martapura, lebih tepatnya, di Jalan Kapten Pierre Tendean, Banjarmasin. Berada tidak jauh dengan lokasi Pasar Apung Banjarmasin, destinasi wisata ini bisa dikunjungi setiap harinya sepanjang minggu.

Lokasinya yang berada di pusat kota, membuat menara ini bisa dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi. Dari Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor, Anda harus menempuh jarak sekitar 31 km atau berkisar 51 menit melalui Jalan Ahmad Yani, atau sedikit lebih lama yaitu sekitar 1 jam melalui Jalan Gubernur Soebarjo untuk mencapai menara ini.

Pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk memasuki Menara Pandang.

Meski termasuk ke dalam wisata yang dikelola oleh pemerintah, pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk memasuki Menara Pandang. Pengunjung hanya perlu membayar kontribusi parkir.

Menara Pandang Banjarmasin buka setiap hari. Hari Senin hingga Jumat buka pukul 10.00 sampai 21.00 WITA. Hari Sabtu tutup satu jam lebih lama, yaitu hingga pukul 22.00 WITA. Sementara pada hari Minggu, menara ini buka pukul 08.00 hingga 21.00 WITA.

Informasi Selengkapnya
  • Indonesia Kaya

  • Bayu Pratama

  • Disbudporapar Banjarmasin

    Tribun News

    Kompas