Cari dengan kata kunci

Sulawesi Barat

Menjadi provinsi ke-33 di Indonesia tidak membuat Sulawesi Barat tertinggal dalam hal kesenian.

Masyarakat yang heterogen di Sulawesi Barat menghasilkan banyaknya suku yang bermukim di provinsi ini. Selain para pendatang, Sulawesi Barat juga memiliki suku asli, yaitu Mandar, Mamasa, Pattae, dan Makki, yang tersebar di berbagai wilayah. Banyaknya ragam suku tersebut membuat provinsi penghasil kakao itu memiliki 10 bahasa daerah.

Masih kentalnya beragam suku asli Sulawesi Barat itu juga menciptakan deretan kesenian setempat yang masih ada hingga kini. Salah satunya adalah Tari Mappande Banua, yang memiliki kesakralan tinggi karena dulunya dibawakan sebelum ritual pelantikan para raja digelar.

Provinsi yang merupakan hasil pemekaran dari Sulawesi Selatan ini juga terkenal akan panorama alamnya. Sulawesi Barat memiliki 193 gunung, delapan sungai utama, hingga adanya taman nasional, yaitu Taman Nasional Gunung Gandang Dewata. Taman tersebut menjadi laboratorium alam dengan ratusan flora dan fauna endemik Sulawesi.

Kala berkunjung ke Sulawesi Barat, jangan sampai kelewatan untuk singgah ke objek wisata pantainya yang indah, termasuk Pantai Dato dan Pulau Karampuang.

This will close in 10 seconds