Cari dengan kata kunci

Jurnal Indonesia Kaya #48: Mengulik Sejarah Sebutan “Tiongkok Kecil” di Lasem

Jurnal Indonesia Kaya #48: Mengulik Sejarah Sebutan “Tiongkok Kecil” di Lasem

Lasem memiliki cerita yang menarik untuk diketahui. Salah satunya adalah asal usul orang Tionghoa yang mendiami wilayah ini.

Jurnal Indonesia Kaya

Lasem merupakan kecamatan kecil yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa. Lokasinya terletak di Rembang, Jawa Tengah, yang lumayan jauh dari pusat kota. Meskipun jauh dan agak terlupakan, Lasem memiliki cerita yang menarik untuk diketahui. Salah satunya adalah asal usul orang Tionghoa yang mendiami wilayah ini.

Ternyata, Lasem merupakan kota awal pendaratan orang Tionghoa di tanah Jawa. Mereka tersebar di kota ini dan mendirikan berbagai bangunan, mulai dari patung sampai klenteng yang hingga kini masih terawat. Nah, dalam perjalanan kali ini, Febrian akan mengajak kita jalan-jalan menelusuri kota “Tiongkok Kecil” ini.

Selain menginap di Homestay Tiongkok Kecil Heritage, yang kental sekali dengan nuansa Tiongkok. Febrian juga pergi ke Klenteng Gio Yong Bio, yang dianggap berbeda dari klenteng pada umumnya. Jika biasanya hanya ada patung dewa-dewi di klenteng, maka lain halnya di klenteng satu ini.

Di Klenteng Gio Yong Bio, kita bisa melihat terdapat altar khusus untuk Raden Panji Margono, seorang tokoh masyarakat muslim Lasem dari suku Jawa ketika masa perjuangan melawan penjajahan dulu. Nah, penasaran ke mana saja tempat yang dikunjungi Febrian selain Klenteng Gio Yong Bio? Dan hal menarik apa yang ditemukan Febrian selama perjalanannya di Lasem? Yuk, saksikan selengkapnya dalam video berikut!

This will close in 10 seconds