Cari dengan kata kunci

Loading Events

Sound of Kaba Nan Ampek oleh Sanggar Mahoni

Sound of Kaba Nan Ampek oleh Sanggar Mahoni

Sound of Kaba Nan Ampek oleh Sanggar Mahoni

“Sound of Kaba Nan Ampek” memiliki makna menyelamatkan dan memperkenalkan kembali musik tradisional Minangkabau kepada generasi muda yang kini sudah terhimpit dan tergerus oleh musik modern.

  • 16 Maret @ 3:00 pm - 16 Maret @ 4:00 pm
  • Galeri Indonesia Kaya
  • Gratis
  • Semua Umur

Reservasi Tiket

Klik sekarang untuk reservasi

Agenda Budaya

Sanggar Mahoni menyajikan sebuah pertunjukan komposisi musik yang menggabungkan peleburan musik tradisional Minangkabau dengan musik modern (electronic dance music), atraksi gerak tari tradisional “Tapuak Galembong”, serta pembacaan puisi untuk menghadirkan suasana estetis dan mempertajam isi karya oleh pembaca puisi nasional yang merupakan salah satu personal dari Sanggar Mahoni juga.

Acara dibuka dengan karya “Marantau” yang menggambarkan situasi dan kondisi perantau pada zaman sekarang dengan adanya akulturasi dalam bentuk komposisi musiknya, kemudian dilanjutkan dengan karya “Kubang Balombak” sebagai transisi dari karya berikutnya. Pertunjukan karya terakhir “Sound Of Kaba Nan Ampek” yang menjadi acara puncak di dalam karya tersebut memiliki 4 bagian yang masing-masing bagian ada ciri khas dan atraksi seperti “Tapuak Galembong”. Acara akan ditutup dengan Penampilan Astra KDI, salah satu pendiri Sanggar Mahoni, yang merupakan Runner Up Kontes Dangdut Indonesia 2022.

Sanggar Mahoni adalah sebuah kelompok seni yang memiliki ciri khas unik dalam penggarapan komposisi yang meleburkan Musik dan Tari Tradisional Minangkabau dengan Musik Elektronik tanpa mengurangi esensi musik tradisi tersebut. Mahoni sudah berdiri sejak tahun 2012 di Sumatera Barat. Sanggar Mahoni terdiri dari 6 orang personil yaitu ; Andre Junaedi, Yogi Astra, Robby Ferdian, Aditya Rahman, Krispra Tomi Soeharto dan Andria Catri Tamsin. Mahoni mengambil filosofi dari pohon Mahoni, yang mekar dengan harmoni dan memiliki akar yang kuat. Sanggar Mahoni ini bertujuan untuk menyajikan musik yang indah, mempesona, dan penuh harmoni, menggabungkan elemen Musik dan Tari Tradisional Minangkabau dengan gaya musik elektronik maupun kontemporer dengan inspirasi dari keindahan alam Minangkabau dan kearifan lokal. Selain itu, Mahoni memiliki tujuan untuk menginovasikan esensi budaya Minangkabau dalam bentuk musik terbarukan, sehingga dapat mengimbangi perkembangan zaman dan teknologi. Mahoni berusaha menjaga kekayaan budaya Minangkabau agar tetap hidup dan relevan bagi generasi masa kini dan mendatang.

Selama berdiri, Sanggar Mahoni sudah meraih beberapa prestasi, yang paling membanggakan adalah West Sumatera Performing Arts Market 2023 yang diselenggrakan oleh Nan Jombang Dance Company di Padang, Sumatera Barat, dan banyak lagi. Tujuan Sanggar Mahoni dalam membuat karya adalah  Membangkitkan kembali kesadaran generasi muda untuk merawat dan melestarikan kesenian tradisi dengan cara meleburkannya kedalam bentuk musik dan tari yang relevan dengan zaman.

This will close in 10 seconds