Cari dengan kata kunci

Loading Events

Pertunjukan karya tari dan musik “Lasuang Balangsuang”

Pertunjukan karya tari dan musik “Lasuang Balangsuang”

Pertunjukan karya tari dan musik “Lasuang Balangsuang”

Lasuang Balangsuang menggunakan Alu dan Lesung sebagai representasi proses kehidupan masyarakat Minangkabau, diiringi sastra khas Minangkabau yang menjadi nyawa dalam pertunjukan ini.

  • 11 November, 2023 @ 3:00 pm - 11 November, 2023 @ 7:00 pm
  • Galeri Indonesia Kaya
  • Gratis
  • Semua Umur

Reservasi Tiket

Klik sekarang untuk reservasi

Agenda Budaya

Pertunjukan ini menampilkan tari kontemporer berbasis tradisional budaya Minangkabau, ditarikan oleh 5 orang penari. Permainan musik, vokal, tarian, dialek Minangkabau, bahkan unsur komedi yang sangat ringan dan menarik, serta unsur monolog dan  teatrikal dengan membawa petatah-petitih Minangkabau, diangkat menjadi bagian dalam karya tari ini. Karya ini diciptakan sesuai dengan karakter koreografer, yaitu tetap membawa unsur transformasi tubuh feminitas, sebagai bentuk ciri khas dan keunikan, sehingga terbentuk karya baru yang unik, menarik, dan eksentrik dalam pelahiran intepretasi lasuang kedalam bentuk karya tari.

Tak hanya menampilkan tarian saja, pertunjukan ini juga menghadirkan komposisi musik tradisional Minangkabau dan juga lagu-lagu tradisional yang dikembangkan menjadi sebuah pertunjukan musik (Gamad) dengan durasi 15  menit. Pertunjukan karya ini menampilkan dua unsur pertunjukan yang ditampilkan sejalan tanpa terputus dalam pertunjukannya.

Maiyosta Dance Company berdiri pada tanggal 26 Mei tahun 2018 di kota Padangpanjang, yang dipelopori oleh Denny Maiyosta S.Sn., M.Sn. Maiyosta Dance Company merupakan wadah yang bergerak di bidang penciptaan seni tari, dengan terus melakukan proses penciptaan karya tari dan aktif dalam memproduksi karya-karya terbaru dan inovatif tentunya dengan melibatkan berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga kalangan umum sebagai media dalam mewujudkan karya-karya yang di produksinya.

Denny Maiyosta sebagai pendiri Maiyosta Dance Company merupakan koreografer dari Sumatera Barat yang lahir di Muaralabuh pada tanggal 26 Mei tahun 1987. Denny menamatkan pendidikan Strata Satu (S1) dan Strata Dua (S2)-nya di Institut Seni Indonesia Padanpanjang, selama menempuh pendidikan hingga saat sekarang ini, Denny Maiyosta aktif dalam berbagai kegiatan berkesenian terutama di bidang seni tari diantaranya ia aktif menciptakan karya-karya unggul berskala nasional maupun internasional, menjuarai berbagai lomba cipta karya tari di tingkat nasional, aktif di berbagai event dan festival seni di Sumatera Barat maupun Indonesia, sering menjadi asisten koreografer ternama indonesia dalam turun menciptakan karya, menjadi delegasi Indonesia pada event internasional, serta aktif dalam kegiatan seni oleh dinas dan pemerintahan.

This will close in 10 seconds