Cari dengan kata kunci

Loading Events

Art Jakarta Kembali Hadir

Art Jakarta Kembali Hadir

Art Jakarta Kembali Hadir

Pengetahuan dan pengalaman mereka di kancah seni lokal dan internasional akan semakin meningkatkan posisi Art Jakarta di Indonesia dan Asia Tenggara.

  • August 30, 2019 @ 6:00 pm - September 1, 2019 @ 12:00 am
  • Instagram Live Indonesia Kaya
  • Gratis


Art Jakarta kembali hadir di tahun ini, pada tanggal 30 Agustus hingga 1 September 2019. Art Jakarta Edisi ke-11 ini diadakan di tempat yang berbeda dari sebelumnya, yaitu Jakarta Convention Center, Senayan. Kolaborasi dua tokoh terkemuka di kancah seni Indonesia yaitu Tom Tandio (Direktur Pameran) dan Enin Supriyanto (Direktur Artistik), akan memastikan pendekatan yang diperkuat dan nilai tambah bagi Art Jakarta.

Pengetahuan dan pengalaman mereka di kancah seni lokal dan internasional akan semakin meningkatkan posisi Art Jakarta di Indonesia dan Asia Tenggara. Tim Tom dan Enin juga menyertakan desainer grafis Henricus Linggawidjaja (Artnivora) dan fotografer Indra Leonardi (The Leonardi) yang masing-masing adalah Direktur Desain dan Direktur Fotografi untuk pameran. Arsitek dan Desainer Dua Studio telah ditugaskan untuk membuat desain dan konsep segar untuk pameran ini. Identitas baru dari Art Jakarta menempatkan Jakarta sebagai salah satu pusat utama seni kontemporer Asia sementara pada saat yang sama memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu pusat seni paling penting di Asia. "Perubahan ini (dalam branding) adalah salah satu cara untuk mewakili komitmen kami dalam membangun fondasi bagi komunitas seni lokal dan internasional untuk dapat berinteraksi," (Enin Supriyanto).

Edisi kesepuluh pada tahun 2018 memperlihatkan lebih dari 40.000 pengunjung menghadiri Art Jakarta. Pergantian tempat tahun ini, dari Pacific Place ke Jakarta Convention Center, juga karena peningkatan pengunjung yang diantisipasi, sejalan dengan pertumbuhan yang berkelanjutan selama beberapa tahun terakhir. Sebanyak 70 galeri dari Indonesia dan negara-negara Asia lainnya akan berpartisipasi dalam Art Jakarta 2019. "Fakta bahwa jumlah peserta di luar negeri melebihi peserta pameran domestik adalah kesaksian tentang kekuatan dan kepercayaan pasar seni internasional pada Art Jakarta khususnya, dan pasar seni Indonesia secara umum, "(Tom Tandio).

Pameran ini terdiri dari enam komponen: Galeri Seni Jakarta, Art Jakarta Spot, Seni Jakarta X, Seni Jakarta Play, dan Seni Jakarta Scene, serta Art_UNLTD, yang disajikan oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf). Sejak edisi pertama Art Jakarta, penggalangan dana untuk amal adalah fitur permanen dari pameran tersebut. Tahun ini, sepuluh karpet buatan seniman terkenal akan dilelang untuk mengumpulkan dana demi kebaikan. Juga akan ada penampilan dari 2 kelompok alumni program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan Indonesia, persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation yaitu Fat Velvet dari Bandung & Rubah Di Selatan dari Yogyakarta.

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.