Cari dengan kata kunci

Pertunjukan Wayang Orang Berjudul ”Pandu Dewanata”

pertunjukan-wayang-orang-berjudul-pandu-dewanata3.jpg

Pertunjukan Wayang Orang Berjudul ”Pandu Dewanata”

Berkisah tentang Pandhu Dewanata yang memiliki permaisuri Dewi Kunthi dan Dewi Madrim.

Agenda Budaya

Griya Budaya Titah Nareswari Surakarta didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation menyelenggarakan pertunjukan Wayang Orang berjudul Pandu Dewanata pada tanggal 22 Desember 2018, bertempat di Pendopo Bali Ndeso Resto, Kemuning, Karanganyar, Jawa Tengah.

Berkisah tentang Pandhu Dewanata yang memiliki permaisuri Dewi Kunthi dan Dewi Madrim. Seorang kesatria tangguh, ayah dari para Pandawa yang pada akhir perjalanan hidupnya harus menerima hukuman atas kekhilafan yang diperbuatnya saat berburu kijang. Tanpa sengaja ia memanah sepasang kijang yang sedang berkasih-kasihan dan ternyata kijang tersebut adalah jelmaan dari  Resi Kimindama dan Kimindami . Seketika itu ia dikutuk akan berakhir hidupnya saat berkasih-kasihan dengan istrinya.

Ajal menjemput ketika Pandhu Dewanata mengajarkan Aji Sastra Jendra Hayuningrat kepada murid – muridnya yaitu Prabu Kala Tremboko dan Prabu Drupada.

Batara Yama pun sesuai suratan saatnya menjemput Pandhu bahkan ketika Dewi Madrim memohon penundaan, Dewa Yama tak dapat mengabulkan. Akhirnya Dewi Madrim turut melaksanakan patibrata sedangkan Dewi Kunti harus melaksanakan dharma untuk mendidik dan mempersiapkan Pandawa menjadi pemimpin masa depan.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.