Cari dengan kata kunci

Pergelaran Sendratari Roro Mendut, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

pergelaran-sendratari-roro-mendut-universitas-sanata-dharma-yogyakarta.jpg

Pergelaran Sendratari Roro Mendut, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Universitas Sanata Dharma Yogyakarta mengadakan pergelaran istimewa yang dipersembahkan oleh 2 UKM Universitas Sanata Dharma yang melakukan kolaborasi, yaitu: UKM Grisadha dan UKM Karawitan, dimana UKM Grisadha tampil sebagai penari yang diiringi dengan gending jawa dari UKM Karawitan.

Agenda Budaya

Universitas Sanata Dharma Yogyakarta mengadakan pergelaran istimewa yang dipersembahkan oleh 2 UKM Universitas Sanata Dharma yang melakukan kolaborasi, yaitu: UKM Grisadha dan UKM Karawitan, dimana UKM Grisadha tampil sebagai penari yang diiringi dengan gending jawa dari UKM Karawitan. Dalam pergelaran kolaborasi tersebut ditampilkan sendratari yang mengangkat cerita rakyat dari Jawa Timur, yaitu kisah Roro Mendut.

Kisah ini diangkat karena ingin menyapaikan pesan kepada orang–orang muda untuk memiliki pendirian yang teguh dan pantang menyerah dalam memperjuangkan apa yang mereka inginkan. Selain itu, pergelaran ini diadakan untuk melestarikan kesenian tari tradisional dan seni karawitan, juga untuk mempertahankan dan mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang cerita rakyat yang sekarang mulai dilupakan.

Sosok roro mendut yang tangguh dalam memperjuangkan apa yang dia inginkan dan teguh akan pendiriannya diharapkan mampu untuk memberi motivasi pada setiap penonton yang hadir dalam pergelaran sendratari yang berjudul “Ketangguhan dibalik sampul kecantikan roro mendut“. Pergelaran ini lebih terasa istimewa karena untuk pertamakalinya diadakan di Auditorium Driyarkara Universitas Sanata Dharma Yogyakarta yang baru di resmikan pada tanggal 13 juni 2015 yang lalu. Pergelaran  yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini sukses diselenggarakan pada tanggal 03 Oktober 2015 pukul 18.00.

Dengan semakin maraknya kegiatan Budaya tentunya semakin meningkatkan rasa cintakepada Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.

Tagar:

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.