Cari dengan kata kunci

“Opera Ramayana”, hiburan selama Lebaran di Solo

opera-ramayana-hiburan-selama-lebaran-di-solo.jpg

“Opera Ramayana”, hiburan selama Lebaran di Solo

Para pemudik dan masyarakat yang berada di Solo, tidak perlu bingung mencari hiburan selama libur lebaran. Pemkot Solo didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation menggelar acara “Bakdhan Neng Solo” dengan menyajikan pertunjukan Opera Ramayana.

Agenda Budaya

Para pemudik dan masyarakat yang berada di Solo, tidak perlu bingung mencari hiburan selama libur lebaran. Pemkot Solo didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation menggelar acara “Bakdhan Neng Solo” dengan menyajikan pertunjukan Opera Ramayana. Pertunjukan ini digelar di pelataran Benteng Vastenburg selama tiga hari mulai tanggal 8 – 10 Juli 2016. “Bakdhan Neng Solo” adalah acara tahunan dimana tahun ini merupakan tahun kedua diselenggarakan.
 
Opera Ramayana menyajikan pementasan dengan melibatkan 75 penari dan 30 musisi ini. Ada bintang tamu yakni penyanyi Endah Laras, Woro Diatas Awan hingga Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo turut serta dalam pementasan.

Program ini sebagai wujud nyata pemerintah untuk memberikan tontonan kepada masyarakat baik dari Solo maupun dari luar Solo, agar selama berada di Solo mendapatkan apresiasi budaya. Opera Ramayana berlangsung selama dua jam. Panitia menyiapkan 3.000 tempat duduk serta karpet untuk penonton yang tidak mendapatkan tempat duduk, dan opera ini gratis bagi para penonton.

Kegiatan ini merupakan wujud kreatifitas dalam memberikan apresiasi kepada pemudik dan wisatawan serta pengembangan pariwisata budaya di kota Solo. Program ini sudah ditunggu dan bakal menjadi daya pikat tersediri oleh wisatawan. Ini sebuah gagasan cerdas memanfaatkan cagar budaya sebagai tontonan yang memanjakan mata dengan menggunakan latar bangunan Benteng Vastenburg sekaligus mengeskpose arsitekturnya.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.

Informasi Selengkapnya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.